Kemendagri Pastikan Layanan Administrasi Kependudukan Kembali Normal

  • Whatsapp
Kemendagri Pastikan Layanan Administrasi Kependudukan di Empat Daerah Kembali Normal
Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh [Foto-Ist]

Monitorindonesia.com – Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh memastikan layanan administrasi kependudukan seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) sudah kembali normal, pasca-adanya dugaan upaya peretasan server di empat daerah.

Server daerah yang diduga diretas pihak tak bertanggung jawab merupakan server Pemerintah Kota Bogor, Malang, Kabupaten Bekasi, dan Subang.

Bacaan Lainnya

“Saat ini sudah bekerja kembali, datanya sudah bisa dipakai semua secara normal. Layanan sudah normal, sudah berjalan baik,” kata Zudan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/6/2021).

Menurut Zudan, data yang dicoba diretas pihak tidak bertanggung jawab merupakan server daerah.

“Layanan online dukcapil tersebut saya evaluasi karena kurang ‘secure’ dalam aspek pengamanan data,” tuturnya

Zudan menegaskan, pihaknya pada pekan lalu sudah melakukan mitigasi risiko, dengan mematikan jaringan yang menggunakan internet publik untuk layanan online.

“Saya minta daerah menjaga betul masing-masing server lokal. Saya sudah zoom dengan 548 daerah pekan lalu dan menegaskan bahwa para kepala Dinas Dukcapil bertanggung jawab penuh terhadap data server lokal masing-masing. Saya ingatkan untuk penguatan pengamanan data,” tandasnya

#Layanan Administrasi Kependudukan

Pos terkait