Ledakan di Luar Rumah, Mantan Presiden Maldives Terluka

  • Whatsapp
Ledakan di Luar Rumah, Mantan Presiden Maldives

Maldives, Monitorindonesia.com – Mantan Presiden Maldives Mohamed Nasheed terluka pada saat ledakan terjadi di luar rumah keluarganya Kamis (06/05/2021), polisi menyatakan. “Setelah terjadi ledakan, presiden Mohamed Nasheed telah mengalami cedera dan saat ini sedang dirawat di rumah sakit ADK.”

Seorang juru bicara pemerintahan Nasheed Maldivian Democratic Party menerangkan kepada tim Reuters bahwa Presiden Nasheed mengalami luka karena kena peluru ledakan dan sekarang kondisinya sudah stabil.
Presiden Ibu Solih mengatakan bahwa penyelidikan kasus ledakan tersebut sedang berlangsung.

Beberapa gambar di salah satu siaran televisi nasional PSM menunjukkan petugas keamanan di lokasi kejadian di pusat kota Male. Seorang turis asing juga terluka, siaran tersebut melaporkan.

“Terkutuklah pelaku penyerangan Presiden Mohamed Nasheed mala mini,” Menteri luar negeri Abdulla Shahid menulis di akun twitternya.

“Serangan pecundang seperti ini tidak diterima di masyarakat kita. Perhatian dan doa saya kirim untuk Presiden Nasheed dan korban terluka lainnya bersama dengan keluarga para korban.”

Presiden Nasheed merupakan presiden pertama terpilih secara demokrasi di Maldives pada tahun 2008 dan masih berpengaruh meskipun sudah tidak menjabat sejadk 2012.

Dia juga menjabat sebagai pimpinan partai pemerintah dan setelah masa pengasingan dia merupakan pembicara di parlemen sejak 2019.

Sementara itu belum diketahui kelompok yang bertanggungjawab atas serangan tersebut, negara kepulauan tersebut sebelumnya dikenal dengan kerusuhan politik dan kekerasan militant islam.

Pada tahun 2015, mantan presiden Abdulla Yameen melarikan diri dengan selamat dari sebuah ledakan di speedboatnya, sementara 2007 sebuah ledakan yang dilikukan oleh militant muslim menargetkan para turis asing memakan korban luka-luka 12 orang.[Yohana RJ]

Sumber: VOA News

#Mantan Presiden Maldives Mohamed Nasheed

Pos terkait