Libanon Menggagalkan Penyelundupan 69 Orang Syria ke Cyprus

  • Whatsapp
Libanon Menggagalkan Penyelundupan 69 Orang Syria ke Cyprus

Tripoli, Monitorindonesia.com – Pasukan tentara Libanon menggagalkan percobaan penyelundupan puluhan migran Syria ke pulau Mediterania, Cyprus Minggu (25/04/2021), ungkap anggota militer Libanon.

Percobaan penyelundupan 69 orang warga Syria terjadi karena Libanon sedang mengalami krisis ekonomi dan finansial yang parah mengakibatkan kemiskinan semakin banyak.
Penyelundupan manusia sudah terjadi beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir yang dijual ke Uni Eropa yang termasuk anggota Cyprus dan beberapa diantaranya tewas.

Pulau Mediterania dan Libanon memiliki kesepakatan untuk mengekang kapal yang ditumpangi para migran menuju Cyprus.
Tahun lalu, sejumlah kapal yang ditumpangi oleh para migran menuju Cyprus berjarak sekitar 172 km dari Tipoli Libanon.

Libanon memperingatkan pihak berwenang Cyprus untuk tidak menjanjikan ekonomi yang lebih baik bagi para migran di pulau mereka.
Cyprus menjadi sorotan pemerhati HAM dunia tahun lalu karena diduga mendorong 200 migran dan pengungsi yang berasal dari Libanon dengan kapal tanpa memperhatikan tuntutan mereka dengan alasan ekonomi yang lebih baik dengan cara kekerasan dan taktik pemaksaan.

Libanon merupakan negara kecil dengan jumlah penduduk sekita enam juta jiwa termasuk di antaranya para pengungsi Syria sedang mengalami krisis ekonomi paling buruk di dunia, sejarah modern mencatat.

Krisis ini diperburuk dengan pandemic Covid-19 dan ledakan besar di bandara Beirut tahun lalu yang menyebabkan setidaknya puluhan ribu orang kehilangan pekerjaanya semetara nilai mata uang lokal sebesar 90 persen. [Yohana RJ]

Sumber: VOA

Pos terkait