6 Cara Membuat Pasangan Merasa Aman dan Nyaman dalam Hubungan

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 23 Oktober 2023 06:27 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Menciptakan rasa aman dalam suatu hubungan sangat penting agar kedua pasangan merasa dicintai, dipahami, dan nyaman. Ini tentang memupuk kepercayaan, komunikasi terbuka, dan hubungan emosional. 

Ketika pasangan merasa aman, mereka lebih cenderung mengungkapkan pikiran, perasaan, dan kerentanannya tanpa takut dihakimi atau ditolak. Landasan kepercayaan ini memungkinkan adanya keakraban dan pemahaman yang lebih dalam, sehingga mendorong hubungan yang lebih kuat. 

Selain itu, hubungan yang aman akan lebih mampu menghadapi tantangan dan menyelesaikan konflik secara damai. 

Dilansir dari Times of India, berikut 6 cara membuat pasanganmu merasa aman dan nyaman dalam hubungan.

1. Komunikasi yang efektif

Salah satu pilar hubungan yang aman adalah komunikasi yang terbuka dan jujur antara kedua orang. Penting untuk memprioritaskan mendengarkan pasangan Anda secara aktif dan menunjukkan minat tulus pada apa yang mereka bagikan. Dorong mereka untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan kekhawatiran mereka tanpa takut dihakimi. Dengan memupuk lingkungan di mana mereka merasa didengarkan dan dipahami, Anda membangun landasan kepercayaan dan keamanan yang kuat.

2. ​Konsistensi 

Konsistensi dalam tindakan dan perkataan Anda adalah kunci untuk membuat pasangan Anda merasa aman. Tunjukkan keandalan dengan menepati janji dan komitmen Anda. Mulai dari makan malam di restoran mewah hingga menonton film santai di rumah, komitmen harus dipatuhi. 

Konsistensi membantu pasangan Anda percaya bahwa Anda adalah seseorang yang dapat mereka andalkan, sehingga menciptakan rasa aman dalam hubungan.

3. ​Ungkapkan cinta dan kasih sayang

Menunjukkan cinta dan kasih sayang secara teratur sangat penting untuk membuat pasangan Anda merasa aman. Hal ini dapat mencakup penegasan cinta secara verbal, gerakan fisik seperti berpegangan tangan, pelukan dan ciuman, atau bahkan tindakan yang bisa membuat pasangan merasa dicintai dan aman dalam hubungan tersebut. 

4. Buat batasan yang sehat

Menghormati batasan dan individualitas satu sama lain sangat penting untuk hubungan yang aman. Biarkan pasangan Anda memiliki ruang pribadi, minat, dan persahabatannya. Percayalah bahwa mereka akan berbagi dengan Anda apa yang membuat mereka nyaman dan memberi mereka kebebasan untuk membuat pilihan tanpa merasa terkendali. Mengakui dan menghormati otonomi mereka menjamin rasa aman dan saling menghormati.

5. Selesaikan konflik/Bicarakan

Konflik adalah bagian alami dari hubungan apa pun, tetapi cara Anda menanganinya sangat memengaruhi rasa aman pasangan Anda. Dekati konflik dengan empati, pengertian, dan kemauan untuk mencari solusi bersama.

Hindari bermain-main dengan saling menyalahkan atau memanfaatkan rasa tidak aman orang lain untuk memenangkan pertengkaran. Meyakinkan pasangan Anda bahwa perbedaan pendapat tidak akan melemahkan cinta dan komitmen Anda satu sama lain, akan memperkuat rasa aman mereka dalam hubungan.

6. ​Apresiasi dan terima kasih

Ungkapkan penghargaan dan rasa syukur secara rutin atas kehadiran pasangan dalam hidup Anda. Akui upaya mereka, baik besar maupun kecil dan beri tahu mereka betapa Anda menghargainya. Merasa dihargai meningkatkan kepercayaan diri pasangan Anda dalam hubungan, membuat mereka merasa dihargai dan aman dalam cinta Anda.