11 Hal Mudah yang Dapat Anda Lakukan untuk Memperlambat Penuaan

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 26 Oktober 2023 06:00 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Penuaan adalah bagian kehidupan yang tidak bisa dihindari. Kulit merupakan indikator penuaan yang paling terlihat dan bahkan dapat menunjukkan tanda-tanda awal penuaan berupa kerutan, garis halus, lipatan, dan kulit kendur.

Namun tak perlu khawatir, ada hal yang dapat Anda lakukan untuk memperlambat proses penuaan tersebut. Mulai dari melakukan perubahan sederhana pada pola makan hingga menghentikan kebiasaan beracun. 

Dilansir dari Bestlife, berikut beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk memperlambat proses penuaan.

1. Ubah Pola Makan 

Jika Anda banyak mengonsumsi makanan olahan dan gula, Anda mungkin mempercepat proses penuaan. Penelitian tidak hanya menemukan bahwa nutrisi yang tepat membantu menjaga otak berfungsi lebih baik lebih lama, namun diet khusus yang berfokus pada makanan utuh dan segar, seperti Diet Mediterania, terbukti memperlambat perkembangan penuaan.

2. Olahraga 

Ada banyak penelitian yang mendukung olahraga sebagai salah satu metode terbaik untuk memperlambat proses penuaan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Aging Cell menemukan bahwa orang yang berolahraga sepanjang hidupnya memiliki massa otot, kadar kolesterol, dan bahkan fungsi sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih muda.

3. Habiskan Waktu di Luar Ruangan

Vitamin D, yang dapat Anda serap dari sinar matahari, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita dengan kadar vitamin D lebih tinggi juga memiliki telomer yang lebih panjang, bagian akhir sel DNA yang menentukan umur sel.

4. Kenakan Tabir Surya

Meskipun vitamin D dapat membantu Anda hidup lebih lama, kerusakan akibat sinar matahari dapat memperpendek umur Anda dan menyebabkan kanker. American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan untuk menutupi kulit Anda dengan pakaian, memakai tabir surya berspektrum luas SPF 30 atau lebih tinggi, dan mencari tempat berteduh untuk menghindari penuaan dini.

5. Minum Lebih Banyak Air

Hidrasi adalah salah satu cara utama untuk memperlambat penuaan. Mayo Clinic menjelaskan bahwa air membantu membuang kotoran melalui buang air kecil, keringat, dan buang air besar, menjaga suhu tubuh tetap normal, melumasi dan melindungi sendi, serta membantu melindungi jaringan sensitif.

6. Berhenti Merokok

Merokok tidak hanya menyebabkan kanker, tetapi menurut ilmu pengetahuan, perokok akan menua lebih cepat. Sebuah penelitian menemukan bahwa merokok dapat mempengaruhi parameter biofisik kulit Anda, terutama ketebalan dan kepadatan dermis, epidermis, dan lipatan nasolabial.

7. Meningkatkan Kebersihan Gigi

Memprioritaskan kebersihan gigi tidak hanya akan membuat gigi Anda terlihat lebih baik, tetapi juga membantu mencegah masalah yang berkaitan dengan usia seperti penyakit kardiovaskular, stroke, dan diabetes. Penelitian terbaru juga mengaitkan penyakit gusi dengan risiko demensia dan Alzheimer yang lebih tinggi, jadi pastikan Anda menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang, dan berkumur dengan obat kumur setiap hari.

8. Fokus pada Kesehatan Usus Anda

Meningkatkan jumlah bakteri "baik" di usus Anda, alias mikrobioma usus, dapat membantu melindungi Anda dari penyakit yang berkaitan dengan usia seperti demensia, menurut penelitian. Menyeimbangkan mikrobioma Anda melalui makanan, vitamin, dan nutrisi tertentu dapat menjadi cara yang mudah dan sederhana untuk memperlambat proses penuaan.

9. Kurangi Stres

Sejumlah penelitian mengaitkan stres kronis dengan percepatan penuaan. Salah satu penelitian menemukan bahwa telomer dalam sel orang yang mengalami stres kronis memendek lebih cepat. Stres juga dikaitkan dengan peradangan, jadi ada baiknya Anda menemukan cara yang berdampak untuk mengurangi ketegangan dalam hidup Anda. Jika hari Anda penuh stres, luangkan waktu untuk beristirahat: berjalan-jalan di luar, mencoba latihan pernapasan, menelepon teman, atau menonton video lucu untuk mengembalikan tingkat stres Anda ke nol.

10. Tidur yang Cukup

Tidur tidak hanya memberikan sel-sel Anda kesempatan untuk memperbaiki kerusakan, tetapi kurang tidur membuat kulit lebih cepat menua, menurut penelitian. Menurut Sleep Foundation, istirahat yang cukup dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan kesehatan jantung, mengatur gula darah, meningkatkan fungsi mental, memulihkan sistem kekebalan tubuh, membantu menghilangkan stres, dan membantu penurunan berat badan.

11. Kurangi Minum Alkohol

Terakhir, jika Anda ingin hidup lebih lama dan memperlambat penuaan, pertimbangkan untuk mengurangi konsumsi alkohol. Mengonsumsi jenis alkohol tertentu dalam jangka waktu lama serta pesta minuman keras mempercepat penuaan biologis, menurut sebuah penelitian Northwestern Medicine yang diterbitkan dalam jurnal Aging. Jika Anda ingin terlihat dan merasa bersemangat, awet muda, dan bersinar seiring bertambahnya usia, membatasi jumlah alkohol yang Anda minum bisa menjadi terobosan besar.