Hati-hati! 5 Makanan Ini Tinggi Purin, Bisa Picu Asam Urat

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 2 November 2023 07:40 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Asam urat atau gout termasuk salah satu penyakit, yang banyak dialami orang Indonesia. Asam urat atau gout merupakan radang sendi, yang terjadi akibat penumpukan kristal asam urat. 

Kondisi ini dapat terjadi pada sendi seperti pergelangan kaki, lutut, dan paling sering menyerang jempol kaki.

Untuk mencegahnya, perlu dibatasi mengonsumsi makanan tinggi purin. Sebab, zat ini memicu kambuhnya asam urat.

Berikut makanan tinggi purin penyebab asam urat:

1. Jeroan

Jeroan seperti hati dan lidah tinggi akan purin, senyawa yang cenderung diubah tubuh Anda menjadi asam urat. Hindari ini mengonsumsi bahan makanan ini.

2. Roti

Karbohidrat olahan seperti roti putih, kue kering, dan kue dapat membuat gula darah Anda, melonjak dan tidak bagus untuk asam urat.

3. Seafood

Penderita asam urat dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan laut, yang mengandung banyak purin, seperti kerang, ikan teri, sarden, tuna, tiram, udang, lobster, atau kepiting. 

Mengkonnsumsi seafood berlebihan, dapat meningkatkan kadar asam urat dan memperburuk gejala asam urat.

Jika ingin mengkonsumsi makanan laut yang kaya akan nutrisi tetapi rendahpurin, belut laut atau ikangindara bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Madu

Madu mengandung fruktosa tinggi, pemanis alami yang melepaskan purin saat terurai di tubuh Anda. Batasi minuman atau makanan yang mengandung fruktosa seminimal mungkin, untuk menghentikan atau mengurangi serangan asam urat.

5. Alkohol

Minuman beralkohol, terutama bir, juga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain mengandung banyak purin, bir juga memperlambat membuat proses pembuangan asam urat melalui urin.

Bir meningkatkan asam urat sebesar 6,5%. Bahkan bir non alkohol menaikkannya sebesar 4,4%.