5 Jenis Sayuran Ini Cocok untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 18 November 2023 07:52 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MIAda sejumlah makanan, yang tidak boleh dikonsumsi pengidap diabetes, karena bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Penderita diabetes harus memilih berbagai jenis makanannya, untuk dikonsumsi dengan baik. Sebab jika tidak memilih-milih, bisa berbahaya bagi kesehatan tubuhnya.

Lantas, sayuran apa saja yang dapat di konsumsi untuk penderita diabetes?

1. Selada

Semua jenis selada memiliki tinggi serat dan air serta terdapat Vitamin K, yang penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. 

Selada juga dapat membantu, memperlambat penyerapan sehingga berkontribusi pada pengendalian gula darah.

2. Brokoli

Sayuran yang satu ini memiliki prebiotik. Serat prebiotik yang difermentasi oleh bakteri usus dapat membantu, berkembang hingga memiliki manfaat dalam metabolisme glukosa dan kolestrol.

3. Tomat

Tomat mengandung lycopene tinggi, yang merupakan senyawa yang dapat menurunkan resiko penyakit seperti jantung dan kanker tertentu, serta membantu mengontrol kadar glukosa darah.

4. Wortel

Wortel merupakan makanan yang memiliki serat tinggi, dan mengenyangkan serta kaya akan vitamin A yang membantu kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata. Dengan serat wortel, dapat membantu merasa kenyang dan bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes.

5. Timun

Timun merupakan sayuran, yang tinggi air dan dapat membantu kita tetap terhidrasi. Dalam jurnal Molecules 2022 menemukan tanaman keluarga Cucurbitaceae yang termasuk mentimun, dapat menurunkan dan mengontrol kadar gula darah.