Musim Hujan Tiba, Ini 4 Jenis Teh yang Bisa Perkuat Daya Tahan Tubuh

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 19 November 2023 20:48 WIB
Ilustrasi teh [Foto: iStock]
Ilustrasi teh [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Musim hujan penghujan telah tiba, hujan memberikan kesejukan pada saat terik, tetapi hujan yang sering membuat tubuh kita kehilangan stamina.

Oleh karena itu, saat musim dan cuaca yang tak menentu, memperkuat daya tahan tubuh sangatlah penting. Mengonsumsi minuman herbal misalnya, jadi salah satu solusi agar tubuh tetap fit dan menghambat tertularnya penyakit.

Ada beberapa jenis teh yang direkomendasikan untuk dikonsumsi untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh. 

Dilansir dari laman Health Line, berikut jenis teh yang bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh. 

1. Teh Peppermint

Teh peppermint termasuk salah satu minuman herbal, yang paling umum digunakan untuk menjaga kesehatan.

Meskipun paling populer digunakan untuk menjaga kesehatan, khususnya untuk saluran pencernaan, minuman ini juga memiliki sifat antioksidan, antikanker, antibakteri dan antivirus.

2. Teh Jahe

Teh jahe merupakan minuman, yang memiliki sensasi rasa pedas juga menghangatkan, dan aromanya pun mengandung antioksidan berfungsi sebagai penangkal penyakit.

Selain itu, teh jahe juga dapat membantu melawan peradangan, dan menstimulasi sistem kekebalan. Teh jahe juga terkenal sebagai obat yang efektif untuk mual.

3. Teh Chamomile

Teh chamomile juga dikenal karena efeknya yang menenangkan, dan sering digunakan oleh seseorang sering insomnia, agar nantinya ia cepat tertidur.

Hal ini juga diungkapkan dalam penelitian, bahwa efek teh atau ekstrak chamomile, dapat membantu seseorang jika punya masalah pada tidurnya.

Kemudian, dalam sebuah penelitian lainnya terhadap 80 wanita pasca persalinan yang mengalami masalah tidur. Lalu mereka minum teh chamomile selama dua minggu, dapat meningkatkan kualitas tidur dan lebih sedikit terjadinya gejala depresi.

4. Teh Lemon Balm

Teh lemon balm memiliki rasa lemon yang ringan, dan terdapat khasiat yang meningkatkan kesehatan tubuh. Dalam sebuah penelitian kecil, menguji kepada 28 orang yang minum teh barley atau teh lemon balm selama enam minggu.

Setelah itu dilihat, bagi yang minum teh lemon balm telah meningkatkan elastisitas arterinya. Kekakuan arteri dianggap sebagai faktor risiko penyakit jantung, stroke, dan penurunan mental.

Kemudian dalam penelitian yang sama, mereka yang minum teh lemon balm juga mengalami peningkatan elastisitas kulit menjadi lebih sehat.