Dampak Buruk Konsumsi Air Lemon Setiap Hari

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 20 November 2023 07:20 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Banyak orang suka konsumsi air lemon, karena rasanya yang menyegarkan dan menyehatkan.

Adapun manfaat yang didapat jika mengonsumsi air lemon yakni, memperlancar menambah asupan vitamin C, membuat napas terasa segar, menyehatkan kulit, merawat kesehatan rambut, dan bikin bugar.

Namun, tahukah kamu? Air lemon, ternyata tidak baik jika dikonsumsi setiap hari, karena akan memberikan banyak dampak buruk untuk tubuh. 

Salah satunya yaitu, dapat menyebabkan perut menjadi terasa mual.

Dikutip dari Pinkvilla, berikut bahaya mengonsumsi air lemon setiap hari: 

Sering buang air kecil

Mengkonsumsi air lemon, dapt mengeluarkan racun dari tubuh. Namun, mengonsumsi terlalu banyak lemon dapat memperbesar kandung kemih.

Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa air lemon tinggi asam askorbat atau vitamin C, yang merupakan diuretik. Hal ini mendorong produksi urin di ginjal, yang membantu tubuh untuk menyingkirkan kelebihan garam dan cairan lebih cepat. 

Oleh karena itu, ini mungkin membuat kandung kemih membesar, hingga lebih sering buang air kecil.

Bikin mual dan mulas

Mengonsumsi air lemon setiap hari, akan membuat perut terasa mulas dan mual. Rasa mual ini, disebabkan oleh kandungan asam dalam lemon.

Merusak gigi

Minum air lemon setiap hari, dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi dan juga menyebabkan kerusakan gigi. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam yang ada di dalam lemon.

Erosi gigi pada dasarnya, adalah kehilangan kimiawi dari zat gigi mineral. Jadi, ketika ada sensitivitas gigi, kamu harus mulai mengurangi asupan makanan sitrat seperti lemon.

Memicu sakit perut

Air lemon memang dikenal bermanfaat untuk pencernaan. Namun, jika dikonsumsi setiap hari justru akan memperburuk gangguan pencernaan, seperti GERD dan refluks asam.