Minum Air Kelapa Muda Bisa Meningkatkan Hidrasi Tubuh

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 2 Desember 2023 06:23 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Air kelapa merupakan sumber alami elektrolit yang dapat membantu, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Cairan bening yang ada di dalam kelapa hijau muda mengandung vitamin, mineral alami, yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Dengan demikian, konsumsi air kelapa muda dapat mencegah dehidrasi dan memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Dikutip dari laman Healthline, berikut manfaat minum air kelapa muda: 

1. Meningkatkan Hidrasi

Kandungan elektrolit kalium, natrium, dan magnesium dalam air kelapa, dapat membantu hidrasi tubuh.

Air kelapa sering dianggap sebanding dengan minuman olahraga, namun air kelapa cenderung rendah kalori dan karbohidrat.

2. Sumber Berbagai Nutrisi yang Baik

Secara umum, air kelapa mengandung 94% air dan rendah lemak. Dalam satu cangkir berisi 240 ml air kelapa muda mengandung 60 kalori, dan kandungan:

Karbohidrat: 15 gram

Gula: 8 gram

Kalsium: 4% dari nilai harian (daily value DV)

Magnesium: 4% dari DV

Fosfor: 2% dari DV

Kalium: 15% dari DV

3. Membantu Membuat Kulit Lebih Sehat

Menurut sebuah studi awal tahun 2017, oleh J. N. Rukmini, dkk., yang dimuat dalam laman National Library of Medicine menemukan, bahwa air kelapa juga bermanfaat dalam membantu melawan jerawat karena memiliki sifat antimikroba.

4. Mengandung Antioksidan

Apabila radikal bebas terlalu banyak, tubuh kita akan memasuki kondisi stres oksidatif. Di mana hal itu bisa merusak sel dan meningkatkan risiko penyakit.

Dalam jurnal tahun 2012 oleh D Bhagya, dkk., dari University of Kerala yang dimuat dalam the National Institutes of Health, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang bisa membantu memodifikasi radikal bebas, sehingga tidak lagi menimbulkan bahaya.

Meskipun penelitiannya sudah dibuktikan pada hewan, namun penting untuk dicatat bahwa hingga saat ini belum ada penelitian yang melibatkan manusia.

Selain itu, kekuatan antioksidan air kelapa, dan setiap penelitian pada hewan, menggunakan dosis dan parameter yang berbeda.

5. Membantu Menurunkan Gula Darah 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa, dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lainnya pada hewan penderita diabetes.

Dalam sebuah penelitian tahun 2015 yang dilakukan Prabhakaran Prabha Preetha, dkk., tikus dengan diabetes yang diobati dengan air kelapa mempertahankan kadar gula darah, lebih baik jika dibandingkan kelompok kontrol.

Walaupun studi pada hewan penderita diabetes menunjukkan, air kelapa bisa membantu meningkatkan pengendalian gula darah, tapi penelitian lebih lanjut pada manusia perlu dilakukan.

Berita Terkait