Lava Tour Merapi Yogyakarta: "Panen Raya" saat Masa Liburan

Nicolas
Nicolas
Diperbarui 27 Desember 2023 06:56 WIB
Lava Tour Merapi Yogyakarta. [Foto: Gatot Eko Cahyono]
Lava Tour Merapi Yogyakarta. [Foto: Gatot Eko Cahyono]

Yogyakarta, MI - Lava tour Merapi Yogyakarta, adalah suatu objek wisata di daerah sekitar Pakem dan Kaliurang Kabupaten Sleman, yang mana para wisatawan disuguhkan untuk menikmati desa -desa yang dulu terkena lava gunung Merapi saat erupsi (misalnya kejadian erupsi tahun 2026) yang memakan banyak korban manusia bahkan ternak. Para wisatawan  diajak naik mobil Jeep Willys lawasan (mobil buatan Amerika Serikat pada masa perang dunia pertama), ada juga model Jeep Toyota Hardtop lawas buatan Jepang.

Di saat masa liburan sekarang ini, cuti bersama hari Raya Natal, liburan akhir tahun, bahkan liburan semester ganjil anak-anak sekolah, para driver Jeep, yang mempunyai sekitar 15 sampai 25  grup atau komunitas di daerah tersebut, mengaku sangat beruntung, bisa "panen raya". Hal ini diakui oleh seorang driver Jeep, Deni, sehari bisa membawa keuntungan rata-rata Rp1 juta, dengan rincian sehari bisa mengantar empat rit, satu rit Rp 250.000 (ini pemberian dari kepala koordinator dalam satu komunitas). Kendaraan Jeep bisa muat 4-5 orang . 

Para wisatawan diantar mutar-mutar (start dari poll ke suatu daerah misalnya Kaliadem, di mana ada sebuah bunker untuk penyelamatan manakala terjadi erupsi gunung Merapi. Di daerah Kaliadem ini banyak wisatawan berfoto bersama mau pun selfi karena memang pemandangan alamnya luar biasa indah kalau cuaca sedang cerah. Sebelah utara latar belakang Gunung Merapi terlihat sangat besar dan dari Kaliadem hanya berjarak sekitar 4,5 km.

Setelah dari Kaliadem, para wisatawan menuju ke desa Umbulharjo, Pakem, Kab. Sleman. Disini salah satu tempat di mana semua Jeep melakukan manuver off road dengan melewati sungai yang berair namun tidak dalam. Sehingga sang driver masing-masing dengan gas pol malaju menerjang ke dalam air, hingga air muncrat ke kiri dan kanan dengan diiringi teriakan gelak dan tawa para penumpang Jeep yang penuh riang gembira. Penulis saat itu (19 Desember 2023) juga ikut dalam arak-arakan menumpang Jeep Wisata Alam Lava Tour Yogyakarta yang memang keren. 

Bagi para wisatawan dalam negeri, yang belum pernah mencoba wisata alam ini, sangat perlu untuk mencobanya, mengajak keluarga mau pun rombongan. Selamat berwisata. [Gatot Eko Cahyono].