Berikut Beberapa Cara Tenangkan Stres Anda

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 24 Januari 2024 18:16 WIB
relaksasi menenangkan pikiran melawan stres. (foto: MI/Nuramin)
relaksasi menenangkan pikiran melawan stres. (foto: MI/Nuramin)

Jakarta, MI - Hampir semua orang kadang-kadang mengalami stres. Apakah Anda mengenali perasaan bahwa lebih banyak yang diharapkan dari Anda daripada yang bisa Anda capai, Baik di tempat kerja, di rumah, atau misalnya di media sosial.  Anak-anak dan keluarga bisa menimbulkan banyak stres, namun bisa juga ada tekanan terus-menerus di tempat kerja atau di waktu luang Anda. Mungkin Anda sedang sakit atau ada orang yang Anda kasihi yang sedang sakit.

Anda mungkin bergumul dengan hubungan yang tidak berjalan baik. Atau mungkin masalah keuangan membuat Anda tetap terjaga atau hidup dalam lingkungan perang atau kekerasan. Banyak sekali keadaan yang bisa menimbulkan ketegangan pada tubuh kita.

Masalah fisik dan mental.

Setiap orang melewati masa-masa stres. Jika Anda bisa tenang setelahnya, maka tidak banyak yang perlu dikhawatirkan. Namun jika Anda hidup terlalu lama dalam keadaan stres dan kurang istirahat, tubuh Anda akan protes.

Anda mendapatkan keluhan seperti sakit kepala, nyeri otot dan masalah tidur. Anda menjadi mudah tersinggung dan masih merasa lelah saat bangun dari tempat tidur. Anda mungkin juga merasa murung atau sedih.

Anda bisa menjadi tidak baik terhadap orang lain dan Anda mungkin juga menarik diri karena kontak dengan orang lain menghabiskan terlalu banyak energi. Pekerjaan Anda membutuhkan lebih banyak usaha dan seringkali sulit untuk berkonsentrasi. Terkadang kehidupan terasa tidak menyenangkan lagi dan prospek perbaikannya terasa jauh.

Tidak semua orang sama sensitifnya terhadap stres. Apalagi jika Anda ingin melakukan sesuatu dengan benar dan kurang memperhatikan hal-hal yang sudah berjalan baik, kemungkinan besar Anda akan mengalami stres.

Melakukan lebih dari yang sebenarnya bisa Anda tangani pada akhirnya akan membuat Anda kurang efektif. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bekerja berjam-jam di bawah tekanan, pada akhirnya menyelesaikan lebih sedikit pekerjaan per jamnya. Hal ini juga dapat menyebabkan perasaan depresi dan kecemasan.

Apa yang dapat Anda lakukan melawan stres?

Relaksasi melawan stres.

Relaksasi penting ketika Anda mengalami terlalu banyak stres. Cobalah untuk menyisihkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Meski terkadang hal itu tampak mustahil. Namun ingatlah bahwa Anda kurang efektif, dan oleh karena itu, Anda akan mendapatkan lebih sedikit pekerjaan saat Anda stres.

Duduk di sofa dan melihat-lihat ponsel atau menonton TV bukanlah bentuk relaksasi terbaik. Gerakan lebih baik untuk mengurangi stres Anda. Jalan-jalan atau berolahraga dan cobalah menikmati lingkungan sekitar Anda.

Fokus pada apa yang penting bagi Anda.

Katakan “tidak” lebih sering kepada orang lain yang menginginkan sesuatu dari Anda. Cobalah membuat daftar sendiri tentang orang-orang dan tugas-tugas yang benar-benar penting bagi Anda dan hal-hal yang mungkin tidak begitu penting saat ini. 

Cobalah untuk memberikan waktu dan perhatian Anda kepada orang-orang dan tugas-tugas yang benar-benar penting bagi Anda. Buatlah keputusan secara sadar untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak penting.

Dan menghabiskan lebih sedikit waktu dengan orang-orang yang tidak terlalu penting bagi Anda. Terkadang hal itu terasa seperti kehilangan muka atau menimbulkan perasaan cemas karena Anda tidak bisa mengendalikan diri. Tapi jika Anda jelas kepada orang lain, itu juga bisa menyenangkan bagi mereka. Lebih fokus pada hal-hal penting akan berdampak positif pada hubungan Anda dengan orang-orang yang benar-benar penting dalam hidup Anda.

Lepaskan hal-hal yang kurang penting.

Ini dapat membantu Anda menyerahkan tugas tertentu kepada orang lain. Terkadang hal itu memberi perasaan bahwa Anda akan kehilangan kendali. Segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan Anda. Namun jika Anda mencoba melakukan lebih dari yang sebenarnya bisa Anda tangani, Anda harus belajar melepaskannya. Jadi, Anda harus meminta bantuan orang lain. Hal ini terkadang sulit, tetapi Anda tetap perlu mengambil langkah berani untuk mengatasi rasa bangga dan takut melepaskan diri.

Bicaralah dengan orang lain tentang stres Anda.

Membuka hati kepada pasangan atau teman baik Anda dapat membantu. Memberikan kelegaan untuk melihat bersama mana yang benar-benar penting dan mana yang tidak. Dan mungkin pasangan Anda mempunyai ekspektasi yang sangat berbeda terhadap Anda dari yang selalu Anda duga. Berbagi kekhawatiran yang Anda miliki juga dapat membantu. Anda sering kali menemukan solusi yang lebih baik bersama-sama atau orang lain ingin membantu Anda memecahkan masalah bersama.

Untuk lebih banyak berolahraga, Anda bisa bergabung dengan klub olahraga. Kunjungi tukang pijat jika Anda sering mengalami nyeri otot. Jika semua ini belum cukup membantu, Anda juga bisa mengunjungi dokter atau psikolog. Luangkan juga waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. Misalnya hobi, membaca buku, atau hal lain yang memberi energi.

Perhatikan apa yang Anda makan. Saat Anda stres, Anda segera beralih ke makanan tidak sehat yang banyak mengandung gula yang memberi Anda energi untuk sementara. Namun dalam jangka panjang hal itu hanya membuat Anda tidak bernyawa dan gemuk. Cobalah untuk makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan. Tahukah Anda perasaan gelisah saat terlalu banyak minum kopi? Itu sangat meningkatkan stres Anda.

Mengapa kita begitu bersemangat?

Anda bisa mengurangi stres dengan tips berikut ini. Namun untuk benar-benar melangkah maju, penting untuk memikirkan mengapa Anda begitu khawatir. Untuk apa kamu melakukan semua ini? Selain itu, luangkan waktu untuk memikirkan apa yang benar-benar penting dalam hidup. Bukan hanya untuk hari ini dan esok, tapi seperti apa masa depan Anda? Saya ingin membantu Anda menemukan dasar istirahat sejati. Bergabunglah dengan kami dalam perjalanan untuk menemukan apa yang benar-benar penting dalam hidup Anda. (AM)