Akibat Sering Menggunakan Kipas Angin Bisa Menimbulkan Penyakit

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 26 Januari 2024 10:59 WIB
Seorang sedang tidur menggunakan kipas angin. (Foto: MI/Nuramin)
Seorang sedang tidur menggunakan kipas angin. (Foto: MI/Nuramin)

Jakarta, MI - Udara yang kadang terasa panas di malam hari membuat banyak orang tidur dengan menyalakan kipas angin hingga semalaman. Hal itu dilakukan agar tidur menjadi lebih nyaman. Namun, ternyata tidur semalaman dengan kipas angin yang menyala sepanjang malam dapat mendatangkan dampak buruk bagi tubuh.

Walaupun tidur dengan kipas angin yang menyala dapat membawa manfaat bagi sebagian besar orang. Tetapi, bagi mereka yang memiliki alergi dan asma, sebaiknya mewaspadai hal tersebut karena kipas angin dapat mengedarkan partikel-partikel debu dan potensi alergi lainnya yang bisa menyebabkan iritasi.

Bahaya yang Bisa Dialaminya Seperti
1. Dehidrasi.
Menurut Public Health England, menggunakan kipas angin dalam jangka waktu yang cukup lama, dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Hal ini dikarenakan ketika berada di ruangan yang dingin dalam waktu lama, tubuh akan cenderung kekurangan air dan kipas angin akan membuat air dalam tubuh berkurang.

2 Kekurangan Oksigen.
Salah satu bahaya utama tidur dengan mengarahkan kipas angin ke tubuh, terutama wajah, adalah membuat tubuh kekurangan oksigen. Sebab angin yang dihasilkan dari kipas angin bukanlah oksigen, melainkan karbon dioksida. Jika kipas angin itu diarahkan ke wajah selama tidur malam, tubuh akan kesulitan untuk mendapatkan oksigen yang cukup. Terlebih jika kamu tidur di ruangan tertutup yang kurang ventilasi, sirkulasi udara pun tidak akan berjalan dengan baik.

3. Tenggorokan dan Hidung Kering.
Tidur dengan kipas angin yang menyala dapat membuat hidung dan tenggorokan menjadi kering. Kondisi tersebut dapat memicu produksi mukus (lendir) berlebihan dan sinusitis, nyeri kepala, dan hidung mampet.

4. Penurunan Suhu Tubuh.
Berkeringat merupakan salah satu upaya tubuh untuk mengatur atau menyeimbangkan suhu di dalam tubuh. Ketika tidur, manusia normalnya akan mengeluarkan keringat, sedangkan penggunaan kipas angin semalaman akan membuat keringat dalam tubuh tidak bisa keluar.

5. Mata dan Kulit Kering.
Tak hanya hidung dan tenggorokan, bahaya tidur ini juga bisa membuat mata dan kulit menjadi kering. Mata yang kering akan memudahkan terjadinya iritasi. Sementara, kulit kering akan lebih rentan terhadap kuman dan penyebab penyakit lainnya seperti penampakan kulit menjadi lebih cepat terkesan tua.

6. Bisa Mengakibatkan Nyeri Otot.
Salah satu bahaya tidur pakai kipas angin adalah timbulnya nyeri pada otot. Sirkulasi udara yang dingin dapat membuat seseorang lebih rentan mengalami kontraksi otot.

7. Bell Palsy.
Bell Palsy adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem saraf wajah akibat cuaca dingin. Salah satu penyebabnya adalah tidur menggunakan kipas angin. Akibatnya, wajah akan mengalami pembengkakan di area tertentu

Nah jadi, cobalah untuk mengurangi penggunaan kipas angin ketika tidur malam ya. Usahakan untuk menggunakan kipas angin seperlunya saja, dan biarkan tubuh berkeringat, karena itu jauh lebih sehat.

Berita Terkait