Efek Buruk Mendengarkan Audio Pakai Headset Saat Ponsel Sedang Mengisi Daya

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 27 Januari 2024 13:44 WIB
Ilustrasi efek buruk menggunakan headset saat ponsel sedang mengisi daya. (Foto: MI/Nuramin)
Ilustrasi efek buruk menggunakan headset saat ponsel sedang mengisi daya. (Foto: MI/Nuramin)

Jakart, MI - Dikutip dari laman Headphones Pro Review, mengisi daya sambil mendengarkan audio menggunakan headset dapat memperlambat pengisian daya ponsel. Waktu pengisian yang lebih lama berpotensi merusak baterai ponsel. Efek lainnya motherboard atau CPU ponsel tak bekerja optimal dan gampang rusak.

Maka dari itu, hindari menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya atau bahkan menggunakan headset. Sebaiknya tunggu hingga baterai ponsel terisi dengan penuh. Baru kemudian menggunakan headset umtuk mendengarkan audio musik secukupnya, karna jika terus menerun mendengarkan audio lewat headset bisa membuat telinga anda pengang, panas.

Adapun sebagian orang yang mengisi daya hp sambil menggunakan headset telah menimbulkan berbagai kejadian, mulai dari kasur terbakar, meledak, kebakaran bahkan kematian seseorang. Dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Lukman Hakim, memaparkan sejumlah alasan bahaya mencharger hp sambil menggunakan headset saat digunakan.

HP mudah panas

Karena handphone harus mengerjakan beberapa aktivitas dalam waktu bersamaan seperti mendengarkan lagu, men-charge dan belum lagi biasanya membuka media sosial tertentu, hal tersebut mengakibatkan HP overheat.

Umur HP menjadi berkurang

Dampak memakai HP saat sedang mengisi daya adalah mengurangi umur baterai HP Anda. “Bahaya charger HP sambil menggunakan headset saat tidur akan membuat baterai mengalami tegangan tinggi, maka sangat perlu memastikan hanphone memiliki fitur stop charging apabila daya sudah maksimal,” tutur Lukman, dikutip dari situs UM Surabaya.

Bisa Mengakibatkan Konsleting Listrik

Jika bermain HP dibarengi dengan pengisian daya ponsel menggunakan colokan charger atau adapter ponsel yang tidak asli dan tidak standar dapat menimbulkan terjadinya kebocoran listrik atau korsleting.

Kesehatan Bisa Terganggu 

Penggunaan headset yang tidak sesuai aturan dan berlangsung lama menyebabkan telinga sering berdenging, menimbulkan infeksi pada telinga. “Belum lagi telinga yang tidak cukup kuat menanggung beban suara keras dari headset akan menyebabkan kerusakan pada fungsi telinga,” pungkas Lukman.

Agar ponsel pintar tak menjadi bumerang untuk penggunanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dirangkum dari Gadget Snow, berikut beberapa hal yang harus hindari saat menggunakan ponsel, Jangan mengisi daya ponsel secara berlebihan,karena tidak bagus bagi kesehatan baterai.

Sebisa mungkin usahakan hindari menyimpan ponsel di saku baju, Jangan memakai headset saat ponsel mengisi daya, hidari meletakkan ponsel di bawah bantal saat tidur bisa mengakibatkan ponsel panas. Jangan meletakkan ponsel langsung di bawah sinar matahari saat mengisi daya, hindari mengisi daya ponsel dengan kabel ekstensi atau multicolokan, lalu kemudian hindari menerima panggilan atau bermain game sambil mengisi daya. (AM)

 

Berita Terkait