Manfaat Wisata ke Air Terjun Bisa Menyegarkan

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 29 Januari 2024 12:18 WIB
Wisata air terjun membuat pikiran tenang dan sejuk indah pemandangan. (Foto: MI/Nuramin)
Wisata air terjun membuat pikiran tenang dan sejuk indah pemandangan. (Foto: MI/Nuramin)

Jakarta, MI - Mengunjungi air terjun bisa menyegarkan seperti suara gemericik air. Betapapun lelahnya fisik atau mental Anda, mengunjungi air terjun pasti akan menghilangkan segala kepenatan Anda. Jika Anda pernah mengunjungi air terjun besar atau bahkan air terjun kecil, Anda pasti ingat kekaguman yang ditimbulkannya.

Alam menampilkan dirinya mengalirkan keindahannya secara melimpah. Air terjun bisa membangkitkan rasa atau mood seseorang bila memandanginya. Hal ini tak lepas dari mata yang suka melihat keindahan seperti air terjun atau alam lainnya. Untuk aspek kesehatan mental dari air terjun berasal dari kecenderungan relaksasi, dari tindakan sederhana mengamati gerakan dan suara air yang bergerak.

Air terjun sendiri memang ada yang secara alami, kita temukan di Pengunungan. Selain keindahan air terjun cocok digunakan untuk berwisata, ternyata bermanfaat juga bagi kesehatan. Seperti manfaat ion perak untuk tubuh, air terjun juga memancarkan ion negatif bagi tubuh. Berkut ini adalah manfaat yang bisa di dapatkan dari air terjun untuk kesehatan tubuh.

Menyegarka tubuh dan pikiran, Seperti manfaat sungai  bagi kehidupan sehari-hari, air terjun dapat memancarkan ion negatif yang bermanfaat bagi lingkungan maupun manusia. Ion negatif dapat membersihkan udara yang tercemar polusi, debu, virus maupun bakteri. Dengan menghirup udara bersih dan segar di sekitar air terjun, tentunya dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan pikiran menjadi lebih tenang.

Dapat meredakan stress di tubuh, di samping udara bersih di sekitar air terjun, dengan mandi menggunakan air terjun yang dingin juga menyegarkan dan mengurangi stress atau penat yang dirasakan. Ion negatif dari air terjun juga dapat membantu tubuh untuk mengatasi efek dari ion positif, sehingga stress dan penat yang dirasakan dapat berkurang, serta dapat membantu tubuh untuk berpikir lebih tenang.

Bisa membuat tubuh menjadi lebih bersemangat, seperti manfaat air embun bagi kesehatan, air terjun juga dapat memberikan kesegaran di pagi hari. Salah satu keuntungan mandi di air terjun pada pagi hari adalah dapat merangsang syaraf yang lemas setelah digunakan untuk beristirahat semalaman. Sehingga badan akan lebih segar dan lebih bersemangat untuk beraktivitas seharian.

Membuat rambut jadi lebih sehat, Kalau kita mandi di Air terjun maka Air terjun tersebut akan memijat kulit kepala kita sehingga peredaran darah dikulit kepala semakin lancar sehingga bermanfaat menyehatkan rambut. Selain itu suhu airdingin di semirang dapat menutup kutikula, tertutupnya kutikula ini membantu rambut untuk tidakmudah rontok.

Wajah lebih berkilau alami, Jika kita membasuh wajah menggunakan air dingin di curug, sangat bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah. Juga tidak akan melunturkan minyak alami yang bermanfaat menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit. Karenanya, mereka yang terbiasa membasuh wajah dengan air dingin akan lebih lama terhindari dari kondisi kulit wajah keriput dan kusam.

Membakar lemak tubuh, Emang bisa? Ya tentu karena dengan kita berjalan kaki dengan medan yang sedikit menanjak maka lemak kitapun akan terbakar sedikit demi sedikit Selain itu mandi di curug yang airnya dingin juga dapat bermanfaat untuk membakar lemak. Karena ternyata ketika air dingin menyentuh tubuh kita, tubuh akan melakukan mekanisme secara otomatis untuk menghasilkan panas agar bisa memerangi rasa dingin. Yaitu dengan membuat metabolisme tubuh bekerja lebih cepat. Artinya, tubuh akan membakar cadangan karbohidrat dan lemak secara lebih cepat untuk membuat kamu merasa hangat. Mantap kan? (AM)