Manfaat Konsumsi Ikan Lele

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 2 Februari 2024 20:49 WIB
Ikan Lele baik untuk kesehatan mengandung banyak manfaat bagi tubuh. (Foto: MI/Nuramin
Ikan Lele baik untuk kesehatan mengandung banyak manfaat bagi tubuh. (Foto: MI/Nuramin

Jakarta, MI - Hallo guys, apakah kamu penggemar menu Pecel Lele? Ya, makanan ini adalah menu yang paling mudah ditemui di Jakarta dan sekitarnya. Menu ini biasanya dijajakan oleh pedagang di pinggir jalan saat malam hari. Ikan lele yang biasanya jadi menu andalan karena rasanya yang nikmat dan harganya yang relatif lebih terjangkau.

Apakah kamu pernah mencari tahu apa saja sih nutrisi yang terkandung dalam ikan lele? ikan lele merupakan salah satu spesies ikan tertua dan tersebar luas di seluruh dunia. Ini karena ikan lele mampu beradaptasi dengan sangat baik dengan lingkungannya. Lantas, apakah sebenarnya ikan lele adalah ikan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi? Mari simak ulasannya berikut!

Kandungan Nutrisi Ikan Lele
Kadar Protein dan Sifat Organoleptik Nugget Rajungan dengan Substitusi Ikan Lele (Clarias Gariepinus) dijelaskan, ikan lele kaya protein. Tulisan karya Anas Ubaidillah dan Wikanastri Hersoelistyorini ini terbit dalam Jurnal Pangan dan Gizi.

Kandungan Gizi Ikan Lele,

Melansir Healthline, ikan lele memiliki nutrisi yang tidak bisa disepelekan. Dalam satu porsi ikan lele atau sekitar 100 gram, terdapat beberapa nutrisi seperti: 

Kalori: 105.
Lemak: 2,9 gram.
Protein: 18 gram.
Natrium: 50 miligram.
Vitamin B12: 121 persen dari kebutuhan harian.
Selenium: 26 persen dari kebutuhan harian.
Fosfor: 24 persen dari kebutuhan harian.
Tiamin: 15 persen dari kebutuhan harian.
Kalium: 19 persen dari kebutuhan harian.
Kolesterol: 24 persen dari kebutuhan harian.
Asam lemak omega-3: 237 miligram.
Asam lemak omega-6: 337 miligram.

Rasa dan Manfaat Ikan Lele
Daging ikan lele secara umum memiliki rasa enak dan gurih. Lele juga mudah diolah dan diberi berbagai bumbu hingga menjadi panganan seperti nuget dan abon. Makan lele memberi banyak manfaat bagi tubuh.

Sumber Protein
Protein dalam ikan lele mengandung asam amino esensial lisin, metionin, dan leusin yang lebih tinggi daripada susu serta daging. Leusin dapat membantu proses pertumbuhan anak.

Baik untuk Tulang dan Gigi
Ikan lele mengandung fosfor yang membantu tubuh menyerap kalsium. Zat kalsium digunakan dalam pembentukan tulang dan gigi sehingga tidak mudah keropos. Fosfor sangat dibutuhkan pada ibu hamil untuk menjaga tulang tetap kuat.

Menjaga Kesehatan Otak dan Jantung
Lele mengandung omega 3 dan 6 yang mampu menjaga fungsi otak serta mencegah penyakit jantung. Lele juga mampu menurunkan risiko kolesterol, diabetes, dan jantung koroner. (AM)

Berita Terkait