Manfaat Mengkonsumsi Petai Bagi Tubuh

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 9 Februari 2024 10:20 WIB
Konsumsi petai banyak manfaat bagi tubuh. (Foto: MI/Nuramin)
Konsumsi petai banyak manfaat bagi tubuh. (Foto: MI/Nuramin)

Jakarta, MI - Hampir di semua penjuru indonesia tahu soal Petai atau Pete, Bau dan rasanya yang khas membuat jenis polong-polongan ini menjadi salah satu kudapan favorit bagi sebagian orang, Petai yang dikenal dengan nama ilmiah Parkia speciosa mengandung banyak nutrisi, lho!  Terdapat serat, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, tembaga, zink, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan magnesium pada petai. Berdasarkan zat gizinya yang melimpah, berikut berbagai manfaat petai untuk kesehatan yang perlu kamu tahu:

Menyehatkan Jantung

Jantungmu bekerja setiap detiknya untuk memompa darah. Fungsinya yang vital ini membuat kamu perlu menjaga kesehatannya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Petai bisa jadi pilihan makanan yang menutrisi jantung. Disampaikan oleh dr. Gia, kandungan kalium pada petai dapat membantu mengatur ritme jantung dan fungsi otot jantung.

Menjaga Kepadatan Tulang

Tulang terdiri dari sel-sel tulang yang padat. Seiring waktu tingkat kepadatan tulang bisa menurun. Kondisi ini bisa memicu pengeroposan dan menyebabkan osteoporosis.

Depresi

Melansir Health Benefit Times, sebuah penelitian pada seseorang yang berjuang dari gangguan depresi, banyak yang merasa jauh lebih baik setelah mengonsumsi petai. Hal ini karena, kandungan petai antara lain seperti triptofan, yakni sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, dapat membuat rileks, meningkatkan mood, dan meningkatkan rasa nyaman. Vitamin B6 yang terkandung pada petai mengatur kadar gula darah yang dapat mempengaruhi suasana hati, bahkan pada orang yang mengalami sindrom menstruasi.

Anemia dan tekanan darah

Petai sarat dengan zat besi, yang dapat mudah mendorong pembentukan hemoglobin di dalam darah yang membantu kasus anemia. Selain itu, pete mengandung banyak potasium, tapi lebih rendah garam. Manfaat petai untuk kesehatan ini pun menjadikannya pangan ideal untuk mengatasi tekanan darah.

Kekuatan otak

Penelitian tentang manfaat petai juga mengungkapkan, buah yang mengandung kalium dapat membantu seseorang meningkatkan rasa kewaspadaan dan meningkatkan daya ingat. 

Sakit maag 

Petai mempunyai efek antasid alami dalam tubuh, sehingga saat mengalami masalah dengan sakit maag, dapat mencoba mengonsumsi petai untuk meredakannya.

Melancarkan Diet

“Petai adalah sumber energi yang baik dan rendah lemak. Konsumsi petai dalam porsi yang tepat dapat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama, memenuhi kebutuhan energi, dan membantu dalam manajemen berat badan”, ujar dr. Gia.

Cegah Stroke

Menurut penelitian New England Journal of Medicine yang mengungkapkan manfaat petai untuk kesehatan, menemukan bahwa mengonsumsi petai setiap hari mampu mencegah kematian akibat stroke hingga 40 persen.

Meskipun makan petai banyak manfaatnya bagi tubuh, namun patut anda waspadai batas konsumsi petai. Namun tak berarti dapat dikonsumsi secara berlebihan dalam jumlah banyak. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, perlu untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan. Mengonsumsi petai dalam jumlah berlebih tak dianjurkan karena berisiko merusak ginjal manusia. (AM)