5 Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Musim Hujan

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 29 Februari 2024 16:52 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Kondisi cuaca sejumlah wilayah di Indonesia, saat ini tengah dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga besar. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit, bagi mereka yang tidak menjaga kesehatan dengan baik.

Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman, yang dapat meningkatkan kemampuan daya tahan tubuh.

Dokter spesialis biomedis, dr Agus Rahmadi MBiomed menyarankan, agar pada cuaca yang lebih dingin, minuman hangat dapat menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Jahe, kata dia, merupakan minuman hangat yang sangat bermanfaat pada musim hujan.

"Jahe ini sangat luar biasa. Dalam banyak jurnal penelitian, jahe juga bagus untuk mengobati mual, melonggarkan pernapasan, dan yang pasti meningkatkan vitalitas," ujar dr Agus dalam video di kanal YouTube Komunitas Sahabat Sehat, dikutip Kamis (29/2).

Berikut 5 minuman hangat yang dapat dinikmati saat musim hujan:

1. Wedang jahe

Minuman tradisional berbahan dasar gula ini, berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Wedang jahe terbuat dari jahe dan gula merah, diseduh dengan air panas. Ditambahkan serai atau jeruk nipis, untuk aroma dan rasa tambahan.

2. Cokelat panas

Cokelat panas yang modern ini, bisa menjadi pilihan untuk menghangatkan tubuh pada cuaca dingin. Caranya cukup mudah, dengan mencairkan cokelat di atas air panas dan menambahkan susu serta gula pasir sesuai selera.

3. Bandrek

Bandrek minuman tradisional yang mirip dengan wedang jahe. Bandrek khas Sunda ini memiliki tambahan rempah-rempah seperti serai, merica, pandan, dan telur ayam kampung, memberikan sensasi hangat dan pedas.

4. Bajigur

Minuman khas Sunda ini terdiri dari gula aren, kopi, dan santan. Banyak dijajakan di pinggir jalan ketika musim hujan tiba.

5. Bir pletok

Minuman khas Betawi ini menggabungkan aneka rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, biji pala, lada, sereh, kapulaga, kayu manis, daun pandan, daun jeruk, dan gula. Meskipun disebut bir, minuman ini tidak mengandung alkohol.