Amankah Minum Kopi Setelah Makan Daging?

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 19 Juni 2024 07:46 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Beberapa orang menikmati kopi selepas makan, termasuk setelah menikmati makan besar berlauk daging. Kebiasaan ini dilakukan berulang tanpa menyadari ada beberapa bahaya di belakangnya. 

Menurut studi, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dimakan bersama dengan kopi, karena bisa memicu masalah kesehatan. 

Seorang ahli gizi, Dr. Maya Roseman mengatakan, kopi tidak boleh disantap bersamaan atau setelah makan daging.  

Dilansir dari The Jerusalem Post, Roseman menjelaskan mengapa seseorang tidak dianjurkan minum kopi setelah makan daging. Menurutnya, terdapat zat tertentu yang terkandung di dalam kopi yang bisa menghambat penyerapan zat besi, bahkan setelah makan makanan yang kaya zat besi seperti daging. 

"Jika memiliki kadar zat besi yang normal, Anda tidak perlu khawatir tentang susu atau kafein yang menghambat penyerapan zat besi. Namun, Anda harus khawatir tentang apa yang terjadi ketika Anda minum kopi setelah makan zat besi," ujarnya. 

Sementara itu, dikutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), zat besi sangat diperlukan untuk mendukung proses perkembangan anak dan ramaja. 

Kekurangan zat besi adalah, kondisi medis yang terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup zat besi untuk memproduksi hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang mengikat dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. 

Akibatnya, kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia defisiensi besi, jenis anemia yang paling umum di dunia.