Penting Jaga Kesehatan Lambung Dari Makanan Generasi Milenial

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 9 Juli 2024 11:10 WIB
Ilustrasi - Sakit Lambung. (Foto: Antara)
Ilustrasi - Sakit Lambung. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Tren makanan viral yang kini digandrungi oleh generasi Milenial dan Gen Z memerlukan perhatian khusus terhadap kesehatan lambung, demikian disampaikan dokter gizi dr. Putri Sakti Dwi Permanasari, Sp.GK.

Dalam rilis pers yang diterima, Selasa (9/7/2024) dr Putri menyatakan bahwa konsumsi makanan pedas dan asam secara berlebihan, seperti mie setan level 10 dan steamboat pedas, dapat menyebabkan iritasi pada lambung. Makanan-makanan tersebut memang menggugah selera, tetapi berpotensi meningkatkan risiko gastritis atau peradangan lambung.

Selain makanan pedas, dr. Putri juga menyoroti kebiasaan makan cepat yang sering dilakukan generasi muda karena kesibukan. Makan terlalu cepat dapat memicu peningkatan produksi asam lambung, yang bisa berujung pada gangguan pencernaan.

Stres juga menjadi faktor penting yang mempengaruhi kesehatan lambung. Stres yang berlebihan bisa meningkatkan produksi asam lambung, menyebabkan kondisi seperti GERD atau maag.

Untuk mencegah komplikasi serius akibat gangguan lambung, dr. Putri merekomendasikan untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala seperti perut kembung, mual, muntah, atau maag.

dr. Putri juga menyarankan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti sayuran hijau, pisang, dan yogurt, serta menghindari makanan pedas, asam, berlemak, dan gorengan. Bahan herbal seperti madu dan kunyit dapat membantu meredakan gangguan lambung berkat sifat anti-inflamasinya.

dr. Putri juga menekankan pentingnya mengurangi stres melalui teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi. Dengan pendekatan ini, tidak hanya kesehatan lambung yang terjaga dengan baik, tetapi juga kualitas hidup secara keseluruhan dapat meningkat.

Salah satu pilihan produk yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan lambung adalah Freshmag. Dengan formula bahan alami seperti madu dan kunyit, serta telah mendapatkan sertifikasi BPOM dan Halal Indonesia, Freshmag bisa menjadikan pilihan bijak untuk melindungi lambung.

"Freshmag tidak hanya mendukung gaya hidup aktif mereka tetapi juga memberikan perlindungan optimal terhadap tantangan baru dalam dunia kuliner yang sedang populer," kata Direktur Utama PT Herbathos Untuk Indonesia Ahmad Zaini.

Freshmag yang berpartisipasi dalam gelaran Jakarta Fair 2024, mengajak masyarakat hadir di booth mereka pada 13 Juli untuk menyaksikan gelar wicara tentang kesehatan lambung yang dipandu oleh dr. Putri. Gelar wicara tersebut juga dapat disaksikan secara daring melalui Instagram resmi @freshmag.id pada pukul 16.00-17.00 WIB. (AM)