Psikolog: Lagu Anak Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 19 Juli 2024 2 jam yang lalu
Sejumlah anak berjalan dengan mengenakan atribut merah putih. (Foto: Antara)
Sejumlah anak berjalan dengan mengenakan atribut merah putih. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Psikolog anak Efnie Indrianie menyebut bahwa lagu anak, terutama lagu berbahasa Indonesia memiliki peranan penting terhadap tumbuh kembang anak, salah satunya untuk mengajarkan nilai-nilai kehidupan positif bagi anak-anak.
 
“Sering kali kalau kita menyanyikan lagu secara berulang, otomatis kita akan menyanyikan lagu secara refleks. Setelah refleks menyanyikan lagu, kata-kata dalam lagu itu terkunci di alam pra-sadar kita," ujar Efnie, yang juga dosen psikologi di Universitas Kristen Maranatha dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (19/7/2024).
 
Kata-kata dalam sebuah lagu yang terkunci di alam pra-sadar seseorang dapat memengaruhi kondisi psikisnya. Oleh sebab itu, penting untuk memilih lagu anak-anak yang memiliki lirik bernada baik, berisi motivasi, dan berguna dalam menanamkan nilai-nilai moral yang positif. "Ketika menanamkan nilai itu melalui lagu dan dinyanyikan secara berulang, tanpa disadari hal itu akan terserap di alam pra-sadar,” ucap Efnie.

Efnie menyebut ada sejumlah tantangan yang dihadapi orang tua di Indonesia dalam memilih lagu untuk anak-anak mereka. Misalnya, pola konsumsi konten dan lagu anak melalui internet yang didominasi bahasa asing.
 
Anak sering kali terpapar lagu-lagu asing yang bukan bahasa ibu mereka dalam fase pertama berkomunikasi. Lagu anak yang berbahasa asing tidak memberikan dampak terhadap pertumbuhan karakter ketika anak bukan seorang bilingual karena dia tidak memahami lirik tersebut. "Yang akan diserap anak nadanya saja (dan mereka mungkin) tidak menyerap esensi dari lagu itu karena tidak paham,” jelasnya.
 
Oleh karena itu, Efnie menyarankan agar orang tua dapat memilih konten lagu, terutama lagu anak untuk buah hati mereka dengan bijak. "Anak-anak belum memiliki kesadaran penuh terhadap sebab-akibat dari sebuah perilaku, di situlah lagu anak melalui lirik yang memuat nilai-nilai kehidupan yang positif turut membimbing anak-anak," pungkas Efnie.