Dokter: Penuaan Dini Dapat Dicegah Luar dan Dalam

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 4 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Dr Shindy Putri di klinik kecantikan miliknya di Solo, Jawa Tengah. (Foto: Antara)
Dr Shindy Putri di klinik kecantikan miliknya di Solo, Jawa Tengah. (Foto: Antara)

Solo, MI - Dokter estetika di Solo dr Shindy Putri menyebut penuaan dini dapat dicegah dengan berbagai cara baik dari dalam maupun dari luar. "Pola tidur harus seimbang, minum cukup, makan diatur polanya," ujarnya di Solo, Jawa Tengah, Minggu (4/8/2024).

Menurut nya, permasalahan yang terjadi pada kulit orang Indonesia banyak dipicu oleh sinar matahari. "Kan ini mulai panas, cukup ekstrem. Identik dengan matahari, banyak permasalahan kalau remaja acne (jerawat), kalau dewasa biasanya flek, garis-garis halus," ucapnya.

Oleh karena itu, perempuan yang pada Sabtu (3/4) membuka cabang ketiga Reglow Clinic di Solo tersebut menganjurkan agar para perempuan juga melakukan perawatan kulit dari luar.

"Selain itu juga dibutuhkan treatment tambahan bagi yang memiliki jam kerja tinggi, misalnya banyak di lapangan. Butuh exfoliasi tambahan seperti peeling, karena matahari memicu penuaan dini lebih cepat," tuturnya.

Terkait perawatan tersebut, pihaknya melalui kliniknya selama ini lebih banyak menggunakan bahan-bahan alami. "Kami mengedepankan alamiah, jadi natural kami tingkatkan dengan dikombinasikan ingredient chemical (bahan kimia) yang BPOM dan aman agar kulit jadi lebih sehat," imbuhnya.

Beberapa perawatan untuk mencegah penuaan dini di antaranya facial dan massage atau totok aura di wajah. "Tujuannya untuk merilekskan wajah. Kami juga ada skin check, salah satunya untuk mengetahui usia kulit, apakah sudah ada tanda-tanda penuaan dini," pungkasnya.

Berita Terkait