LIPI Nyatakan Pentingnya Pengelolaan Sumber Daya Genetik Dilakukan

  • Whatsapp
LIPI Nyatakan Pentingnya Pengelolaan Sumber Daya Genetik Dilakukan
Peneliti LIPI, Laksana Tri handoko.

Monitorindonesia.com – Pengelolaan sumber daya genetik penting dilakukan untuk melindungi sumber daya genetik. Untuk itu, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai scientific authority mengupayakan perlindungan.

Demikian disampaikan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko, Rabu (23/3/2021).

LIPI, lanjut Laksana, juga mengkoleksi specimen fisik/spesimen mati baik flora, maupun fauna dan juga mikroba. Saat ini LIPI juga sudah melakukan ekstraksi data digitalnya baik itu data DNA, struktur protein dan juga senyawa-senyawa aktif yang dikandung di spesimen-spesimen tersebut.

Informasi dari ekstraksi itu, menurut dia sangat penting karena saat ini LIPI tidak cukup hanya dengan tracing dari taksonomi konvensional, tetapi harus masuk ke level molekuler. Sehingga kalo ingin menuntut benefit sharing sesuai dengan Protokol Nagoya yang telah diratifikasi, maka pemerintah bisa membuktikan secara molukuler bahwa ini memang sumber daya genetik asli Indonesia.

“Kemudian juga tentu akan berguna sampai pemanfaatan khususnya yang terkait dengan bioenginering dan bioteknologi,” ungkap Laksana. (Ery)

 

Pos terkait