MAKI Desak KPK Periksa Azis Syamsuddin

  • Whatsapp
MAKI Desak KPK Periksa Azis Syamsuddin
Koordinator MAKI, Bomyamin Saiman.[ist]

Jakarta, Monitorindonesia.com – Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut dugaan keterlibatan Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin dalam kasus dugaan suap penanganan perkara di Pemkot Tanjungbalai.

Politikus Partai Golkar itu diduga menjadi fasilitator pertemuan antara penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju dengan Wali Kota Tanjungbalai M. Syahrial yang berujung suap.

Bacaan Lainnya

Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengatakan, KPK bisa menjerat Azis dengan Pasal 21 tentang menghalang-halangi penyidikan atau dengan Pasal 15 melakukan pemufakatan jahat agar perkara korupsi di Kota Tanjungbalai tidak ditindaklanjuti.

“Tantangan bagi KPK untuk membuktikan (keterlibatan Aziz Syamsuddin). Sehingga bisa dikenakan Pasal 21 maupun Pasal 15,” kata Boyamin dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (23/4/2021).

Menurut Boyamin, membuktikan keterlibatan Aziz Syamsuddin dalam perkara ini menjadi pekerjaan rumah KPK. Jika Aziz dijerat dengan Pasal 21 maupun Pasal 15, kata Boyamin, KPK harus bisa mengkonstruksikan dugaan keterlibatan politikus partai beringin itu.

“Bentuknya harus dikonstruksikan bahwa pertemuan itu diinisiasi Aziz Syamsuddin. Terus kemudian juga ada permintaan kepada Robin untuk membantu Syahrial,” katanya.

Boyamin menyebut, tantangan bagi KPK untuk bisa membuktikan keterlibatan Aziz. Meski demikian, Boyamin juga mengedepankan azas praduga tidak bersalah.

Menurut Boyamin, bisa saja Aziz tidak mengetahui pertemuan itu. Terlebih sampai saat ini Aziz belum juga membuka suara terkait namanya yang disebut-sebut memfasilitasi pertemuan penyidik Stepanus dengan Wali Kota Tanjungbalai Syahrial.

“Azas praduga tidak bersalah itu masih dugaan-dugaan. Bisa saja tidak tahu apa-apa dan tidak ngerti prosesnya, kebetulan yang dipakai rumahnya atau SR kenal ajudan Aziz Syamsuddin melakukan pertemuan disitu, tanpa sepengetahuan Aziz,” kata Boyamin.[man]

Pos terkait