Manfaat Minum Teh Tanpa Gula

  • Whatsapp
Manfaat Minum Teh Tanpa Gula

Monitorindonesia.com – Teh adalah salah minuman terpopuler di seluruh dunia. Manfaat minum teh tanpa gula ternyata memberi efek baik bagi tubuh. Selain bisa menurunkan berat badan, membiasakan minum teh tawar juga mampu membuat penikmatnya lebih awet muda.

Banyak orang menyadari bahwa menambahkan gula terlalu banyak dalam teh bisa berakibat buruk untuk tubuh. Bagi yang belum terbiasa meminum teh tanpa gula mungkin akan merasa sedikit tidak enak bahkan cenderung tidak suka. Akan tetapi meminum teh tanpa gula dapat membuat tubuh mendapatkan hal-hal yang bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut manfaat minum teh tanpa gula bagi kesehatan :

1. Mencegah diabetes
Tanpa tambahan pemanis, berarti Kita sudah menjaga asupan gula. Di dalam teh, sudah terkandung polifenol yang berperan membantu produksi insulin dalam tubuh. Hormon inilah yang akan menjaga kadar gula darah. Saat gula darah terjaga, Kita pun bisa terhindar dari diabetes.

2. Menurunkan risiko stroke
Teh hitam (black tea) punya kandungan kafein yang sangat tinggi dan juga flavonoid. Mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup akan membantu melancarkan aliran darah dan menurunkan risiko penyakit stroke.

Sebuah penelitian menyebutkan, mereka yang mengonsumsi empat cangkir teh per hari risiko yang lebih kecil hingga 32 persen menderita penyakit stroke.

Selain itu, teh hitam tanpa gula juga bisa menjaga paru-paru dari kerusakan akibat asap rokok. Teh hitam juga bisa menurunkan risiko kanker kulit, payudara, paru-paru, dan prostat.

3. Menjaga tekanan darah
Mengonsumsi teh juga dapat memberikan rasa nyaman dan menenangkan. Cara ini cocok untuk Kita yang ingin melakukan manajemen stres atau relaksasi yang tepat. Tentunya, mengonsumsi teh tanpa gula akan menjaga tekanan darah tetap normal.

Sebuah studi menyebutkan, teh hitam dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan. Para peserta studi diminta untuk mengonsumsi teh hitam setiap hari selama enam bulan untuk mendapatkan hasilnya.

4. Mencegah gangguan saraf
Teh hijau juga dikenal sebagai minuman yang mampu membakar lemak dari dalam tubuh. Selain itu, jenis teh ini juga dikenal sebagai minuman yang mampu melawan stres. Mengonsumsi teh hijau dan sebagian teh lainnya juga bisa mencegah Kita terkena gangguan saraf yang menyebabkan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

5. Menjaga fokus
Teh juga memberikan efek yang baik untuk otak. Kafein yang terkandung pada teh akan memberikan kewaspadaan dan fokus dalam mengerjakan sesuatu. Malahan, efek kafein pada teh terbilang lebih stabil dibandingkan dengan minuman berkafein lainnya.

6. Menurunkan berat badan
Teh juga merupakan minuman untuk Kita yang sedang menjaga berat badan. Tidak menambahkan gula atau pemanis lainnya saat mengonsumsi teh akan membantu membakar lemak perut secara alami. Salah satu jenis teh yang bisa dicoba untuk membantu menjaga berat badan adalah rose hip tea.

7. Menjaga tubuh awet muda
Mengonsumsi teh tanpa gula juga akan meningkatkan mood dan kinerja mental Kita. Selain itu, kadar stres dalam tubuh juga bisa berkurang dan otak berpikir lebih tenang serta menjaga daya ingat.

Bukan hanya itu, minum teh tanpa gula setidaknya dua kali sehari akan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dalam sel tubuh. Hal ini juga akan mencegah penuaan, seperti kehilangan elastisitas kulit seiring bertambahnya usia.

 

Sumber : sehatq

Pos terkait