Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

  • Whatsapp
Manfaat Rempah Bagi Kesehatan
[Foto-goexport.org]

Monitorindonesia.com – Indonesia adalah negara yang dianugrahi dengan kekayaan rempah-rempah di seluruh pelosok negerinya. Masyarakat indonesia begitu mudah memperoleh banyak sekali rempah-rempah yang tumbuh subur di alamnya.

Tak hanya dipakai untuk menyedapkan masakan, bahan herbal khas Indonesia, manfaat rempah juga dipakai di negara-negara lain, seperti Tiongkok, India, Brasil, untuk campuran masakan maupun pengobatan.

Bacaan Lainnya

Berikut adalah jenis rempah-rempah dan manfaatnya :

Kayu Manis

Sebagian besar rempah-rempah adalah tanaman tersendiri. Namun, kayu manis merupakan lapisan kulit kayu bagian dalam dari pohon yang dikeringkan dan digulung.

Rempah sehat ini dikenal mampu melegakan tenggorokan, dahak di paru, serta meredakan hidung meler.

Tambahkan batang kayu manis dalam segelas teh untuk melegakan tenggorokan. Selain itu, kayu manis juga bisa digunakan sebagai penyedap makanan, dari kue hingga bubur.

Ada juga yang memanfaatkan kayu manis sebagai obat. Misalnya untuk mengontrol gula darah, meringankan sakit kepala, dan keluhan lainnya.

Cengkih

Cengkih dikenal cukup ampuh untuk menyegarkan napas dan mengatasi perut kembung. Rempah jenis ini juga mengandung segudang antioksidan yang baik untuk menangkal penyakit.

Cengkih juga bisa dijadikan bumbu makanan pencuci mulut yang baik bagi organ pencernaan. Cengkih kerap dimanfaatkan sebagai obat alami. Manfaat rempah ini mulai dari memperlancar pencernaan hingga mengurangi nyeri saat sakit gigi.

Paprika dan cabai

Meski berbeda, paprika dan cabai berasal dari keluarga yang sama. Keduanya mengandung antioksidan tinggi, termasuk beta-karoten, quercetin, dan luteolin.

Senyawa capsaicin pada cabai, misalnya, memiliki seguang manfaat kesehatan, termasuk antikanker. Paprika dan cabai dapat dikonsumsi bersama makanan lain untuk memicu sensasi pedas.

Kunyit

Kunyit sejak lama dipercaya sebagai salah satu rempah sehat dan kerap dikaitkan dengan obat khusus kanker usus. Penelitian menunjukkan kunyit bersifat antiradang, antiviral, antibakteri, antijamur, dan antikanker.

Tak hanya itu, kunyit digunakan dalam deretan obat tradisional India, Thailand, dan Tiongkok, untuk berbagai masalah kesehatan. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat memberikan sejuta manfaat bagi tubuh.

Pala

Pala adalah rempah asli Indonesia yang telah populer sejak lama. Rempah ini sudah menjadi komoditas perdagangan penting sejak era Romawi kuno.

Bukan cuma untuk bumbu masakan, rempah pala juga menghasilkan minyak atsiri. Minyang ini sering dipakai dalam industri pengalengan serta kosmetik.

Pala juga sering digunakan sebagai penambah gairah seks. Jangan heran, permintaan ekspor pala ke negara lain terus meningkat dari waktu ke waktu.

Daun Mint

Rempah-rempah yang baik untuk kesehatan selanjutnya adalah daun mint. Herbal ini mungkin sudah sering Anda temukan, baik pada obat maupun sebagai aromaterapi.

Kandungan di dalam daun mint dapat membantu meredakan gangguan pencernaan.

Basil

Ada berbagai cara memanfaatkan basil, salah satunya ketika membuat saus pasta. Holy basil dianggap dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan mikroba lainnya.

Jahe

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan jahe. Tanaman berimpang ini sering digunakan untuk bumbu masak sekaligus campuran dalam minuman hangat.

Banyak penelitian yang mengkaji manfaat rempah sehat ini. Salah satunya, kandungan di dalam jahe dapat membantu meredakan rasa nyeri serta meredakan mual.

Bawang putih

Bawang putih nyaris tak pernah absen dalam aneka masakan rumahan. Selain sebagai bumbu untuk memperkaya citarasa masakan, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Khasiat dari zat yang terkandung di dalam bawang putih dipercaya dapat meredakan flu. Selain itu, konsumsi bawang putih juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Sumber : klikdokter

#Manfaat Rempah
#Manfaat Rempah Bagi Kesehatan
#Manfaat Rempah-rempah Indonesia

Pos terkait