Eks Menteri Gus Dur Bilang, Masalah Papua Bisa Selesai dengan Pendekatan Khas Masyarakat Sipil

  • Whatsapp
masalah-papua-bisa-selesai-dengan-pendekatan
Muhammad A.S. Hikam

Monitorindonesia.com – Pengamat Politik President University DR. AS Hikam, MA  menilai masalah yang terjadi di Papua mestinya dilihat dengan cara pandang yang berorientasi pada humanistik dan kebudayaan. Sebab masalah Papua bisa diselesaikan dengan pendekatan yang khas masyarakat sipil.

“Jadi bagaimana masyarakat sipil bisa terlibat secara sukarela dalam menyelesaikan masalah. Ini kedengarannya sederhana tapi tidak mudah. Apalagi jika mereka masih ada trauma,” jelas Hikam dalam webinar yang diselenggarakan Indonesian Public Institute (IPI) dengan tema ‘Memahami Papua Serta Upaya Penyelesaian Secara Kolaboratif dan Holistik’ di Jakarta, Kamis (6/5/2021).

Bacaan Lainnya

Bagi Hikam, apa yang sudah dilakukan pemerintah memang sangat baik, akan tetapi kalau tidak berbasis fakta real di lapangan, maka hasilnya mungkin tak akan terlalu efektif. Sebagai contoh, Otonomi Khusus (Otsus) Papua dan dana triliunan rupiah yang mengikutinya juga masih jadi pertanyaan, sejauh mana efektifitasnya. 

“Memang secara normatif sudah dilakukan pembangun Indonesia untuk Papua. Tapi persoalan paling krusial adalah pada penanggulangan masalah korupsi. Inilah yang membuat masyarakat dengan mudah kecewa. Entah benar atau tidak, bagaimana pejabat yang menikmati dan masyarakat masih miskin,” katanya.

Problem lainnya bagi mantan Menristek era Presiden Gus Dur itu, adalah bagaimana memosisikan masyarakat Papua secara humanistik agar orang Papua merasa dihargai. 

“Dalam bahasa Jawa bagaimana kita Ngewongke Wong. Orang Papua dilibatkan dan didengarkan. Sekarang ada orang bicara Papua cenderung bicara ‘kami versus mereka’, bukan solodarity making. Ini juga jadi persoalan,” demikian AS Hikam. (Ery)

Pos terkait