Warga Bodetabek Masuk Jakarta, Diwajibkan Bawa Surat Tugas

  • Whatsapp
Kasatpol PP DKI Minta Anak Buahnya Tak Lembek Atasi Kerumunan
Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin. [dok]

Monitorindonesia.com – Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, Pemprov DKI memberlakukan kebijakan wajib membawa surat tugas bagi setiap orang yang berangkat kerja ke Jakarta, termasuk dari kawasan aglomerasi Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek).

Dengan adanya surat tugas, Arifin mengutarakan petugas di lapangan bisa membedakan pelaku perjalanan yang hendak bekerja atau orang yang akan melakukan mudik lokal.

“Kalau dia orang bekerja, kalau mau pergi harus ada surat tugas dari pimpinan perusahaan,” kata Arifin saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (7/5/2021).

Kebijakan tersebut diberlakukan setelah adanya larangan mudik lokal di kawasan aglomerasi oleh pemerintah pusat. “Di luar itu adalah masyarakat umum yang harus mengurus SIKM,” kata dia.

Arifin melanjutkan, surat tugas harus surat tugas harus sesuai dengan syarat yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Surat tugas sebagai kelengkapan dokumen perjalanan pada sat larangan mudik 6-17 Mei 2021.

“Jadi kalau ada (surat tugas) ya kita lihat betulkah dia sebagai pegawai di perusahaan itu dan dalam rangka pelaksanaan tugas,” kata Arifin.

Arifin menambahkan, surat tugas yang dibawa para pekerja yang bepergian di kawasan aglomerasi untuk menghindari adanya salahpahaman dengan petugas penyekatan yang kini sedang berjaga untuk melarang aktivitas mudik Lebaran.

“Juga untuk membedakan dengan nasyarakat umum yang bepergian di kawasan aglomerasi yang kini sudah dilarang pemerintah pusat,” pungkasnya. (Zat)

Pos terkait