Masyarakat Diminta Laporkan Restoran dan Tempat Yang Langgar Aturan Prokes

  • Whatsapp
Sebelum Diizinkan, Pemprov DKI Uji Coba Buka Hiburan Karaoke
Ahmad Riza Patria [Foto-ayojakarta]

Monitorindonesia.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap tempat-tempat makan dan restoran yang mengadakan kegiatan yang menyebabkan Kerumunan seperti buka bersama (bukber) dimana melewati batas ketentuan. Apabila ada pelanggaran, masyarakat diminta tak segan-segan melaporkan hal itu ke petugas Gugus Covid-19 terdekat.

“Pengawasannya masyarakat jadi pengawas, semua masyarakat bisa jadi pengawas kalau ada yang melanggar silakan laporkan,” kata Riza, di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Sebab, menurut Riza, sesuai edaran Mendagri yang tertuang dalam Instruksi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19, salah satu ketentuannya yakni kegiatan restoran untuk makan dan minum di tempat hanya boleh 25 persen dari kapasitas. “Bila ada informasi ada yang melanggar. Lalu laporan tersebut itu akan ditindaklanjuti yang memiliki kewenangan,” tegasnya.

Selain restoran, Riza mengungkapkan, saat rapat kordinasi bersama dengan pemerintah, Presiden Joko Widodo juga sudah melarang pejabat untuk meniadakan acara open house termasuk mengadakan acara bukber. “Kan sudah diatur. Presiden sudah minta jangan ada open house. Tidak ada buka puasa. Kita semua pejabat enggak pernah bikin buka puasa, di sini di kantor atau buka puasa bersama,” ujarnya.

Riza menambahkan, kebijakan-kebijakan tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk mencegah Lonjakan Kasus Positif Corona yang saat ini tengah melanda negara tetangga seperti Malaysia dan India. Bahkan di India disebut-sebut terjadi ‘tsunami Covid-19 akibat terjadi penambahan angka kasus Positif Corona yang luar biasa.

“Selain itu kita meminta masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya menekan wabah Covid-19. Kita tidak mau negara ini seperti kejadian wabah Covid-19 yang tengah mendera India,” pungkasnya. (Zat)

Pos terkait

This error message is only visible to WordPress admins
HTTP Error. Unable to connect to the Instagram API. Feed will not update.