Covid-19: Puluhan Mayat Ditemukan di Sungai Gangga, India

  • Whatsapp
Mayat Ditemukan di Sungai Gangga, India

Uttar Pradesh, Monitorindonesia.com -Setidaknya terdapat 40 mayat manusia telah dicuci di tepi sungai Gangga, India Utara pihak berwajib menuturkan. Temuan di dekat perbatasan provinsi Bihar dan Uttar Pradesh telah dikonfirmsi oleh tim BBC Senin (10/05/2021).

Belum diketahui secara jelas bagaimana caranya mayat tersebut bisa sampai disana tetapi media lokal melaporkan kemungkinan mereka adalah korban Covid-19. Beberapa media melaporkan bahwa ditemukannya 100 mayat dan berdasarkan keadaannya, kemungkinan sudah beberapa hari di sungai tersebut.

Bacaan Lainnya

“Ada kemungkinan bahwa para mayat tersebut berasal dari luar Uttar Prades,” pihak berwenang daerah mengatakan Ashok Kumar kepada BBC setelah menanyakan beberapa penduduk lokal. Dia mengatakan sisanya akan dikuburkan dan dikremasi.

Pihak berwenang mengatakan mayat tersebut tampaknya sudah membengkak dan sebagian terbakar dan terseret di sungai bisa jadi merupakan bagian dari kegiatan kremasi korban Covid-19 sepanjang sungai Gangga di Uttar Pradesh, siaran berita NDTV melaporkan.

Beberapa penduduk dan media lokal menginformasikan tim BBC India kekurangan kayu bakar untuk kremasi dan kenaikan harga untuk proses pemakaman mengharuskan beberapa keluarga tidak punya pilihan meninggalkan mayat anggota keluarga yang mereka kasihi karena Covid-19 langsung ke dalam sungai Gangga.

Penduduk lokal Chandra Mohan mengatakan bahwa rumah sakit swasta menjarah masyarakat. Orang biasa yang tidak memiliki biaya untuk membayar pendeta dan dana kremasi di pinggir sungai. Mereka meminta 2,000 rupee (27 Dolar AS) hanya untuk membawa mayat pakai ambulans. Sungai jalan satu satunya bagi mereka sehingga mereka memilih mencelupkan mayat-mayat tersebut ke dalam sungai.

Uttar Pradesh merupakan provinsi paling padat penduduk di India.

Gelombang kedua Covid-19 merupakan malapetaka bagi India dengan tingkat kematian yang sangat signifikan dalam minggu-minggu terakhir. Hampir semua tempat kremasi mayat di India telah kehabisan tempat. India merupakan pusat pandemic global saat ini.

India mencatat lebih dari 22.6 juta kasus Covid-19 dan 246,116 kasus kematian sejak awal pandemic menurut data dari kampus Johns Hopkins Univeristy meskipun demikian paha ahli meyakini bahwa total kematian sebenarnya jauh lebih besar.[Yohana RJ]

 

Sumber: BBC News

#Sungai Gangga

Pos terkait