Menparekraf: Ajakan Presiden Cintai Produk Lokal Bisa Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

  • Whatsapp
Menparekraf: Ajakan Presiden Cintai Produk Lokal Bisa Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Menparekraf Sandiaga Uno bersama jajaran mengadakan pertemuan dengan komunitas bisnis film bioskop di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (4/3/2021) [istimewa]

Jakarta, MonitorIndonesia.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno menyebutkan optimisme akan kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif setelah Presiden RI Joko Widodo mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai produk-produk lokal buatan anak bangsa.

“Kami sangat menyambut ini suatu angin segar, secercah harapan yang fenomenal disampaikan pak Jokowi. Tidak hanya mencintai produk-produk lokal Indonesia dan membenci produk asing. Kalau kita lihat ini merupakan ajakan dari pemimpin tertinggi di Indonesia bagi 270 juta masyarakat Indonesia untuk memberikan keberpihakan atau afirmatif,” ujar Sandiaga Uno, Kamis (4/3/2021) di Jakarta.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya hal tersebut merupakan kabar baik bagi 34 juta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Bagi kami ini dampaknya amat luas. Berarti kalau cinta produk Indonesia maka cinta dan bangga akan produk kreatif Indonesia, dan akan membeli produk ekonomi kreatif lokal,” tambah Sandiaga Uno.

Ia menyebutkan di sektor pariwisata ada 12-13 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidupnya amat terbantukan. Hampir Rp 150 Triliun atau hampir 10 miliar dolar yang pergi dari Indonesia karena masyarakat Indonesia berwisata di luar negeri.

“Alangkah baiknya ini menjadi cinta pariwisata Indonesia dan benci pariwisata asing untuk sementara. Kedua dari segi 21-22 juta masyarakat Indonesia yang ada di 17 sub sektor ekonomi kreatif seperti kuliner, fashion, kriya, animasi, gaming, film, musik. Ini amat luar biasa, ini artinya kita mencintai produk kreatif Indonesia,” lanjut Sandiaga Uno.

Kata Sandiaga Uno, pesan Presiden tersebut merupakan berita baik buat dangdut, dangdut koplo, sinetron produksi Indonesia seperti Ikatan Cinta, berita buruk buat K-Pop, penggemar musik dari luar negeri.

“Ini ajakan yang sangat atraktif dan demonstratif dari bapak Presiden. Saya di Kemenparekraf adalah orang paling pertama yang akan pasang badan untuk melakukan ajakan dari bapak Presiden. Saya sendiri juga sudah menggunakan produk-produk ekonomi kreatif Indonesia dan saya minta semua jajaran unsur mengikuti ajakan dari bapak Presiden,” tutur Sandiaga Uno.

Menparekraf melihat ajakan Presiden Joko Widodo dampak positifnya amat luar biasa.

“Kita akan melihat ekspor kita akan semakin meningkat, karena diaspora Indonesia akan senang menggunakan produk-produk Indonesia. Import kita akan turun, karena bangsa Indonesia yang biasa mengkonsumsi produk-produk dari luar negeri, kita akan punya neraca perdagangan yang lebih sehat, dan produk-produk ekonomi kreatif karya anak bangsa akan semakin dinikmati,” ucap Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno juga mendorong masyarakat untuk bukan memakai produk lokal karena semata benci produk luar negeri, tapi karena kita cinta produk dalam negeri, bangga memakai produk lokal karena kualitas nya baik dan harganya bersaing.

“Dan untuk sektor pariwisata juga sangat-sangat positif, karena berarti kunjungan wisatawan ke luar negeri bisa kita tekan, wisawatan domestik yang menjadi sasaran kita akan semakin menyasar kepada destinasi-destinasi wisata dalam negeri,” tutup Sandiaga Uno.

Pos terkait