Menteri LHK Bersama Tim Kemenkomarinves dan Bappenas Kunjungi Areal Calon IKN di Kaltim

  • Whatsapp
Menteri LHK Bersama Tim Kemenkomarinves dan Bappenas Kunjungi Areal Calon IKN di Kaltim
Menteri LHK Siti Nurbaya saat mengunjungi calon IKN di Kabupaten Panajam Paser Utara, Kaltim.

Monitorindonesia.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengunjungi areal calon Ibukota Negara (IKN) yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim), untuk melihat kesiapan lahan dalam perspektif LHK, yang akan dijadikan lokasi Pusat Gedung Pemerintahan di IKN dan melihat progres pembangunan Persemaian Modern di IKN.

“Saya bersama tim Kemenkomarinves, Bappenas dan KLHK datang untuk mempelajari perkembangan serta langkah-langkah teknis yang perlu diberi dukungan, antisipasi teknis pembangunan dan hal-hal yang perlu didahulukan dan perlu dibaca menurut progres yang ada saat ini,” kata Menteri Siti dalam siaran persnya, Minggu (4/4/2021).

Bacaan Lainnya

Kunjungan Menteri Siti ini, menindaklanjuti pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa IKN baru harus dibangun dengan konsep kota cerdas (smart city) dan forest city atau the bush capital, serta harus sekaligus dengan pemulihan dan perlindungan lingkungan.

“Penghijauan merupakan pekerjaan nyata yang harus dilakukan bersama-sama masyarakat di areal IKN baru. Untuk itu saya telah instruksikan pada jajaran terkait untuk segera memulai pembangunan persemaian permanen seluas 120 Ha,” sebutnya.

Di lokasi tersebut, menurut Menteri Siti, nantinya kapasitas produksi bibit akan meliputi bibit tanaman hutan seperti tanaman kayu, multi purpose tree species dan tanaman endemik. Pada rancangan awal rencana persemaian modern di Mentawir ini akan meliputi pembangunan sarana dan prasarana persemaian seperti Germination Rooting Mother Plant House, Laboratorium Kultur Jaringan, Aclimatization Area, Shaded Area, Open Area, Pengolahan Media Tanam, serta Reservoar.

“Bersama-sama Kemenkomarves, Kemen KKP, serta Bappebas, kita sedang terus menata persoalan perlindungan dan rehabilitasi mangrove secara nasional dan termasuk di Kalimantan Timur. Selesai dari lapangan malam tadi langsung digelar rapat untuk review langkah-langkah kerja lapangan berikutnya dari hasil peninjauan. Sekaligus untuk mendalami rencana kerja lanjutan hari ini,” tutup Menteri LHK Siti Nurbaya. (Ery)

Pos terkait