Menteri Tjahjo Siap Laksanakan Tugas Bersama Wamen

  • Whatsapp
Tjahjo Kumolo Berterimakasih Kepada Seluruh ASN yang Tidak Mudik

Monitorindonesia.com – Presiden Joko Widodo akan menetapkan Jabatan Wakil Menteri (Wamen) di Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). Penunjukan Wamen tersebut, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2021 tentang Kementerian PAN-RB.

Menanggapi hal itu. Menteri PAN-R, Tjahjo Kumolo, menyampaikan apresiasinya terhadap Presiden yang akan menentukan jabatan wakil menteri di kementeriannya.

“Pada prinsipnya, saya, sebagai pembantu Presiden, mengapresiasi dan siap melaksanakan tugas sesuai dengan Perpres tersebut,” kata Tjahjo Kumolo, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/6/2021).

Penunjukan jabatan orang nomor dua di Kementerian PAN-RB tersebut, diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2021 tentang Kementerian PAN-RB.

Terkait tokoh yang akan ditunjuk sebagai wamen, Tjahjo mengatakan akan menerima dan siap bekerja sama dengan siapa saja.

“Terkait siapa yang nanti akan ditugaskan Bapak Presiden sebagai wamen, saya sebagai Menteri PANRB siap saja menerima penugasan wamen PANRB oleh Presiden,” tukasnya.

Tjahjo menilai Perpres dan penugasan wamen PANRB tersebut bertujuan untuk penguatan tugas Kementerian PANRB dalam upaya mempercepat reformasi birokrasi.

“Hal itu semata-mata untuk penguatan tugas Kemenpanrb yang salah satu tugas utamanya adalah menjabarkan visi misi Bapak Presiden yaitu reformasi birokrasi,” jelasnya.

Dia menambahkan reformasi birokrasi merupakan salah satu program pembangunan nasional yang perlu percepatan untuk mencapai tujuan tersebut.

“Kunci sukses pembangunan nasional program kerja pemerintah Jokowi (Joko Widodo) dan Ma’ruf Amin ada pada penguatan reformasi birokrasi secara utuh,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menerbitkan Perpres Nomor 47 Tahun 2021 tentang Kementerian PANRB yang ditandatangani Presiden pada 19 Mei 2021.

Pada Pasal 2 Ayat 1 Perpres tersebut dijelaskan bahwa dalam memimpin Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menteri dapat dibantu oleh wakil menteri sesuai dengan penunjukan Presiden. (daf)

Pos terkait