Doyan Bagi-bagi Duit, Segini Harta Kekayaan Kasudin CKTRP Jaktim Muhamad Sodik

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 27 Oktober 2023 17:06 WIB
LHKPN Kasudin CKTRP Jakarta Timur, Muhamad Sodik [Foto: Doc. MI]
LHKPN Kasudin CKTRP Jakarta Timur, Muhamad Sodik [Foto: Doc. MI]

Jakarta, MI - Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kota (DCKTRP) Jakarta Timur (Jaktim) mempunyai kebiasaan terhadap awak media terkait pemberitaan. 

Kantor yang dikomandoi oleh Muhamad Sodik ini, memberikan perlakukan berbeda bagi masyarakat biasa dan masyarakat berduit. 

Bila masyarakat berduit seperti, pengusaha atau kontraktor datang, pejabat Sudin Citata langsung cium tangan tamu, sekalipun pakai sendal jepit yang dianggap membawa berkah tersebut. 

Sementara untuk awak media, sudah menjadi kebiasaan di Sudin Citata Jakarta Timur, bila ada awak media yang ingin melakukan konfirmasi terkait pemberitaan, maka langsung disiram amplop berisi uang.

Hal itu dialami oleh wartawan S. Begitu dia sampai di dalam kantor Sudin Citata, map merah berisi amplop langsung disodorkan ke S. 

"Enggak usahlah konfirmasi-konfirmasi. Kita sama-sama tahulah," ujar staf pegawai bernama Umi kepada S dengan nada serius.

"Saya hanya memberi amanat dari pak Kasudin (Muhamad Sodik)," ucap Umi lagi. Bagi Umi, setiap ada awak media atau LSM masuk ke kantor itu pemberian amplop sudah menjadi hal yang biasa. 

Namun perlu diketahui bahwa, sebagai pejabat pemerintahan tentunya tak luput dari soal harta kekayaannya. Sebab, Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) merupakan bagian penting, dalam upaya mencegah tindak korupsi.

Berdasarkan penelusuran Monitorindonesia.com dari LHKPN milik Muhamad Sodik, pada Jumat (27/10), total Harta Kekayaan Rp 1,3 Miliar atau lebih tepatnya Rp 1.348.750.000. Kekayaan itu ia laporkan pada 6 Februari 2023, untuk periodik 2022. 

Dalam laporan itu, Muhamad Sodik memiliki 3 aset tanah dan bangunan, senilai Rp 1.220.000.000. Aset tanah dan bangunan itu, berada di Kota Bogor. 

Selain itu, ia juga memiliki alat transportasi dan mesin berupa 1 unit mobil dengan total nilai Rp 41.000.000. Rinciannya, Mistsubishi Grandis 2005 yang merupakan hasil sendiri.

Ia tercatat memiliki harta bergerak lainnya, senilai Rp 7.750.000. Sementara untuk surat berharga tidak ada. Aset berupa kas dan setara kas Rp 80.000.000. Muhamad Sodik tercatat tidak memiliki hutang sama sekali.

Dengan rincian tersebut, maka seluruh harta kekayaan Muhamad Sodik yang tercatat dalam LHKPN memiliki total kekayaan senilai Rp 1.348.750.000 (Rp 1,3 miliar).

Berita Terkait