Pekerja Proyek Pemprov DKI Tewas Tersengat Listrik, Tanggung Jawab Siapa?

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 9 November 2023 12:42 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Salah satu pekerja galian saluran air, berinisial K (31) ditemukan tewas tergenang di saluran air Jalan Hidup Baru, RT 010 RW 02 Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (8/11) malam. 

Pekerja tersebut diduga tersengat aliran listrik, dari tiang kabel yang berada di lokasi pekerjaan.

Menurut pengakuan warga, Rudi (34), korban merupakan pekerja proyek PT DPP. Saat korban tengah melakukan pengerjaan penggalian saluran air atau sedang memasang gorong-gorong, korban kemudian terlihat kaku dan diduga terkena kabel yang terkelupas.

"Iya yang memasang gorong-gorong. Kalau yang di bawah itu kabel lepas ya. Yang itu diperkirakan itu kabel Telkom," kata Rudi.

Rudi mengaku, saat mendekat, ia kaget melihat kepulan asap yang keluar dari dalam gorong-gorong, dan melihat seorang pekerja sudah tewas dan tenggelam.

“Posisi korban saya lihat di dalam galian, lagi bongkar enggak tahu apa. Terus tiba-tiba kebul asap dari bawah ke atas. Pekerja galian dia sudah mati gitu. Dia enggak pegangan kabel, dia lagi di bawah, kelepas," jelasnya.

Adapun evakuasi korban di saluran air ini berjalan dramatis. Lantaran takut tersetrum aliran listrik, warga pun bergotong-royong menarik korban yang tenggelam dengan kayu dan tali. 

Usai dievakuasi, korban kemudian dievakuasi ke RSCM dan kasus ini ditangani Polsek Pademangan.

Saat ini, lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) telah diamankan Polsek Pademangan dengan dipasangkan garis Polisi.

Untuk diketahui, pengerjaan saluran air tersebut merupakan proyek Pemprov DKI Jakarta tahun anggaran 2023. Para pekerja memasang U-Ditch atau drainase beton berbentuk huruf U, dalam galian yang berada di Jalan Hidup Baru, RT 10, RW 02 Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara.