Mulai Menemui Titik Terang, Polisi Ungkap Penyebab Ayah-Anak Tewas Memusuk di Koja

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 19 November 2023 18:33 WIB
TKP penemuan jasad Ayah dan Anak di Koja [Foto: Doc. MI]
TKP penemuan jasad Ayah dan Anak di Koja [Foto: Doc. MI]

Jakarta, MI - Setelah 22 hari pasca ditemukannya ayah dan balita yang tewas membusuk di Koja, Sabtu (28/10) lalu, akhirnya menemui titik terang. Polisi akhirnya dapat meminta keterangan dari istri korban, Nur Hikmah di Polres Metro Jakarta Utara.

Sebelumnya, polisi sulit meminta keterangan dari yang bersangkutan, karena kondisi fisik dan mental Nur Hikmah, yang tidak memungkinkan.

Kapolres Jakarta Utara, Kombes Gideon Arif Setyawan mengatakan, berdasarkan keterangan Nur Hikmah, almarhum suaminya meninggal pada 20 Oktober lalu, saat hendak melaksanakan ibadah salat Jumat.

“Kalau dari ceritanya Nur Hikmah bahwa  meninggalnya kurang lebih tanggal 20 Oktober, kondisi sakit, tiba-tiba jatuh, setelah mengambil air wudu ketika akan salat Jumat," kata Gideon, Minggu (19/11).

"Suaminya sudah mengenakan baju koko seperti ketika ditemukan, tetapi dia tidak kuat, tersungkur di depan kamar mandi, kemudian dari telinga mengeluarkan darah,” tambahnya.

Mengetahui hal itu, Nur Hikmah berupaya menolong suaminya, tetapi karena kondisi fisiknya yang sakit, ia tidak mampu melakukannya. 

Terkait kondisi anak-anak korban, lanjut Gideon, saat itu kondisi pintu kamar terkunci dari dalam, sehingga Nur Hikmah tak mampu membukanya akibat kondisi fisiknya yang lemah. 

“Anaknya memang berada di dalam kamar berdua dan terkunci dari dalam. Dengan kondisi seperti itu, Nur Hikmah berusaha untuk membuka pintu kamar tetapi tidak berhasil, karena memang kondisinya sakit," tandasnya.

Hal itu telah dikuatkan juga, dengan keterangan beberapa terangga, Nur Hikmah pernah pesan suatu makanan, akan diantar, tetapi tidak mau karena kondisinya sakit.

Meski polisi memastikan kondisi Nur Hikmah telah pulih secara fisik dan psikis, sehingga dapat memberikan keterangan secara jelas dan detail, polisi tetap akan menunggu hasil forensik dari RSCM. 

Hal ini, guna memastikan penyebab pasti kematian dari ayah dan anak yang ditemukan tewas membusuk di Koja beberapa waktu lalu. 

Satu hal yang pasti, polisi memastikan bahwa dalam kasus mayat membusuk tersebut, tidak ada orang lain yang berada di dalam rumah tersebut selain keluarga ini.