SMA Sumbangsih Jakarta Adakan Campus Expo 2024 dan P5

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 25 Januari 2024 13:37 WIB
Alumni SMA Sumbangsih Jakarta diterima dibeberapa kampus seperti UI, Unpad, Undip dan lain-lain. (Foto: MI/Gatot Eko Cahyono)
Alumni SMA Sumbangsih Jakarta diterima dibeberapa kampus seperti UI, Unpad, Undip dan lain-lain. (Foto: MI/Gatot Eko Cahyono)

Jakarta, MI - SMA Sumbangsih, Jakarta Selatan, mengadakan acara "Campus Expo 2024" di lapangan basket SMA tersebut. Acara berlangsung dua hari (25-26 Januari 2024). 

Event ini diikuti oleh puluhan stand dari berbagai kampus di Jakarta, dari kampus UI, Universitas Terbuka, Telkom University, Uhamka, UMN, Binus, Pradita University dan lain- lain. 

Kegiatan ini bertujuan untuk ajang promosi khusus kelas XII dari kampus yang bersangkutan, manakala kelas XII sudah mendekati ujian akhir kelulusan tahun ajaran 2023/2024.

Pentingnya P5

P5 adalah Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang ada dalam ajaran kurikulum Merdeka . Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan atau merangsang para siswa untuk peka terhadap lingkungan sekitarnya serta berkreasi berkarya. 

Misalnya berkreasi membuat makanan khas tradisional daerah, contoh membuat kerak telur makanan khas Betawi (Jakarta), dimana para siswa bisa memahami dan merasakannya membuat menu tersebut secara mandiri.

Seperti yang dikatakan oleh beberapa siswa kelas X SMA Sumbangsih Jakarta, Talita, Agna dan Lasril, bahwa "Kegiatan P5 sangat berguna banget, karena kita siswa tertantang untuk kreatif berkarya dan merespon lingkungan sekitar". 

Kegiatan P5 diadakan di dalam ruang kelas masing-masing dengan  menampilkan aneka karya. Para siswa terlihat antusias dan percaya diri dengan karya-karya yang ditampilkan. Kegiatan P5 ini hanya berlangsung satu hari ini saja (25/1). (Gatot Eko Cahyono)