Masjid Al-Falah di Sunter Jaya Dibakar OTK

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 26 Januari 2024 08:54 WIB
Rekaman CCTV memperlihatkan seorang pria menyiram bensin di karper Masjid Jami AL-Falah Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. [Foto: Tangkapan Layar]
Rekaman CCTV memperlihatkan seorang pria menyiram bensin di karper Masjid Jami AL-Falah Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. [Foto: Tangkapan Layar]
Jakarta, MI - Seorang pria tidak dikenal (OTK) melakukan pembakaran di dalam Masjid Jami AL-Falah Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kapolsek Tanjung Priok, Kompol Nazirwan mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan penyelidikan di lokasi kejadian. Dan telah menangkap pelaku kurang dari sehari, berinisial SMY (20) di tempat tinggalnya pada Kamis (25/1).

"Berkaitan dengan pemberitaan yang viral. Kemudian kami datangi TKP, dari olah TKP kami dapat informasi dan petunjuk. Setelah kami dalami, identifikasi dan mencari bukti di lapangan, kami amankan pelaku kurang dari 24 jam," kata Nazirwan, dikutip Jumat (26/1).

Menurut Nazirwan, tempat tinggal pelaku tidak jauh dari lokasi kejadian. Dalam keterangan yang didapat bahwa warga kerap menemui pelaku, sering beribadah di masjid tersebut.

"Untuk motif masih pendalaman, ada keterangan bahwa warga pernah melihat yang bersangkutan beribadah di masjid tersebut. Semua kami dalami termasuk status kejiwaan yang bersangkutan," ujarnya.

Sebelumnya, aksi pria tersebut terekam dalam rekaman CCTV, yang melakukan pembakaran terhadap tempat ibadah (Masjid), yang terjadi di Masjid Jami AL-Falah Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Berdasarkan rekaman CCTV, memperlihatkan seorang pria yang mengenakan kaos berwarna biru memasuki kawasan masjid, dengan membawa plastik hitam yang diduga berisi bahan bakar (Bensin). Saat memasuki masjid, pelaku kemudian mendekati mimbar.

Tidak lama, pelaku kemudian menyiramkan cairan yang diduga bensin di dalam mimbar dan melanjutkannya menyemprotkan cairan tersebut ke karpet masjid, hingga pintu depan masjid. Saat keluar pintu, pelaku melempar api hingga menyambar sebagian karpet dan pintu di masjid.

Sementara itu, Ketua RT 004 Yuliana, mengatakan bahwa peristiwa pembakaran ini terjadi sudah tiga kali. Dimana kejadian pertama terjadi pada malam minggu, lalu kejadian serupa terjadi pada hari selanjutnya saat pagi hari, dan yang terakhir terjadi pada rabu malam kemarin.

"Kalau kronologinya sih waktu kejadian pertama itu malam minggu jam 11.30 ada sepasang suami istri lewat pakai motor melihat api didalam dan melaporkan kepada pak haji sama warga dan pada panik lihat karpet luar terbakar," Kata Yuliana di lokasi, Kamis (25/1).

Yuliana mengatakan dalam kejadian ini, warga sekitar tidak menemukan kecurigaan terhadap orang yang melintas. 

Sementara itu, diduga pelaku pembakar merupakan orang yang berasal dari luar wilayah. 

"Kayaknya orang luar dan juga terlihat normal juga," ujarnya.