PKL 2024 SMK Multimedia Sumbangsih Jakarta: Melatih Siswa Bekerja Mandiri dan Kreatif

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 1 Februari 2024 21:37 WIB
Retno Wulandari dari PT Permata Indonesia Group (keenam dari kiri) berfoto bersama dengan para siswa PKL yang akan PKL di PT tersebut. (Foto: MI/Gatot Eko Cahyono)
Retno Wulandari dari PT Permata Indonesia Group (keenam dari kiri) berfoto bersama dengan para siswa PKL yang akan PKL di PT tersebut. (Foto: MI/Gatot Eko Cahyono)

Jakarta, MI - Semua siswa kelas XI di SMK Multimedia Sumbangsih Jakarta, Jurusan Animasi maupun DKV, diwajibkan mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) di sejumlah perusahaan di DKI Jakarta. 

Hal ini PKL ada wajib dalam kurikulum dari dinas selama enam bulan (tiga bulan pertama dilaksanakan di kelas XI, tiga bulan berikutnya dilaksanakan nanti di kelas XII).

Penulis yang merupakan Pemimpin Redaksi (Pemred) media online Monitorindonesia.com, Gatot Eko Cahyono juga kebetulan merangkap sebagai guru produktif, dalam acara perkenalan dan penyerahan beberapa siswa yang PKL di PT Permata Indonesia Grup, Jalan Kyai Maja No.7, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, mengatakan bahwa program PKL ini sangat penting untuk melatih siswa untuk bekerja mandiri dan kreatif di bidangnya. 

"Sehingga manakala nanti lulus SMK, kalau ada siswa berniat mau bekerja, sudah siap mental dan keterampilannya," katanya, Kamis (1/2).

Di ruang rapat PT Permata tersebut para siswa diterima oleh Retno Wulandari dan Shirley, mewakili kepala SDM PT tersebut yang tidak bisa hadir.

Retno secara singkat mempresentasikan profil perusahaan yang outsourcing, bergerak dalam bidang training/pendidikan dan pemasok pekerja di berbagai bidang dan perusahaan di seluruh Indonesia.  PT Permata Indonesia sekarang ini sudah memiliki 15 cabang di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Di sela presentasi yang dicermati serius oleh para siswa PKL, juga ada diskusi tanya jawab mengenai profil perusahaan dan teknis mekanisme PKL nantinya yang akan dipandu oleh Shierly. 

PKL perdana ini akan dilaksanakan selama tiga bulan,  start dari Awal Februari 2024 sampai akhir April 2024, dengan penugasan bekerja sesuai kepentingan dalam bidang di jurusan masing-masing. 

Misalnya bidang fotografi, videografi, Desian grafis dan lain-lain. Tanggal 5 Februari 2024  pagi, kepala sekolah Akhmad Nidom akan melepas para siswa PKL secara resmi di bangsal SMK Multimedia Sumbangsih Jakarta. (Gatot Eko Cahyono)