DPD PDIP DKI Kirim Rekomendasi Nama Anies Baswedan ke DPP untuk Cagub Jakarta

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 11 Juni 2024 18:23 WIB
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Pantas Nainggolan, saat menghadiri pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD DKI Jakarta Tahun 2024 di Grand Cempaka, Jakarta Pusat.
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Pantas Nainggolan, saat menghadiri pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD DKI Jakarta Tahun 2024 di Grand Cempaka, Jakarta Pusat.

Jakarta, MI - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P DKI Jakarta sudah mengirimkan surat rekomendasi atas pencalonan gubernur di Pilkada Jakarta 2024 ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP). 

Salah satu nama direkomendasi adalah Anies Baswedan. 

"Sudah disampaikan semua nama-nama yang terjaring termasuk Anies. Kami sampaikan sudah lama ya sebelum Rakernas partai (PDI-P)," ujar Pantas saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (11/6/2024).

Pantas mengatakan, penyerahaan nama-nama rekomendasi itu merupakan tahapan awal. Nantinya, DPP PDI-P yang akan mengkajinya. 

"Tinggal di DPP-nya digodog, tidak ada satu partai pun yang bisa mengusung sendiri ini kan di DKI Jakarta," ujarnya. 

DPP PDI-P yang nantinya akan melakukan proses penyaringan dengan berbagai pertimbangan.

"Nanti DPP akan melakukan proses penyaringan, harus jadi pertimbangan-pertimbangan. Jadi tidak bisa juga ngotot-ngototan," lanjutnya. 

Sebelumnya, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak, menyebutkan, partainya tidak menutup kemungkinan mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (bacagub) di Pilkada DKI 2024.

“Tentu (ada peluang dari PDIP untuk Anies). Tergantung penilaian DPP (dewan pimpinan pusat), dan rekam jejak calon tersebut," ujar Gilbert kepada wartawan, Rabu (8/5/2024)

Gilbert menambahkan, PDI-P terbuka lebar bagi siapa pun yang ingin mendaftar sebagai bacagub DKI Jakarta. "Kalau memang Bung Anies berniat maju (Pilkada) lewat PDI-P, sekarang saatnya pendaftaran di DPD.

Sistemnya terbuka, silakan mendaftar," kata Gilbert. (Sar)