PDIP DKI Usul 10 Nama Ikut Kontestasi Pilkada 2024, Siapa Saja?

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 16 Juni 2024 15:29 WIB
Basuki  Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok (Foto: Dok MI)
Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Sebanyak 10 nama diusulkan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jakarta ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) untuk ikut kontestasi Pilkada Jakarta 2024. 

Atas usulan 10 orang itu, politikus PDI-P Basuki Tjahaja Purnama (BTP) yang lebih dikenal Ahok mengatakan, ada nama Anies Baswedan masuk dalam usulan itu. "Dari DPD Jakarta ajukan 10 nama, kalau tidak salah di dalamnya ada nama Pak Anies," kata Ahok saat dikonfirmasi, Minggu (16/6/2024). 

Selain itu, nama Ahok sendiri juga masuk dalam usulan DPD PDIP Jakarta untuk DPP, tapi pasangan Ahok disusul dengan Djarot Saiful Hidayat.  "Termasuk Pak Djarot dan saya," lanjut Ahok. 

Anies diprediksi tidak maju Pilkada DKI Jakarta dari jalur perseorangan. Ahok juga memberi nama lain yang diusung ke DPP PDI-P, salah satunya Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, dan mantan Panglima TNI Andika Perkasa. 

Namun, lanjutnya, dia belum mengetahui lebih lanjut keputusan DPP PDI-P siapa yang akan diusungkan menjadi bakal calon Gubernur Jakarta. Siapapun diusung DPP PDI-P untuk maju dalam kontestasi Pilkada, Ahok mengaku akan taat.

"Siapa yang diputuskan DPP, kita tunggu saja. Kami diajarkan untuk disiplin berorganisasi dan taat jalankan keputusan DPP," ungkap Ahok.

Seperti diketahui, Anies mengumumkan bahwa dirinya akan maju di Pilkada DKI Jakarta 2024 usai mendapatkan dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

“Karena itu saya sampaikan, bismillah kami bersiap untuk meneruskan ke periode kedua,” ujar Anies, di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (14/6/2024). (Sar)