2.938 Personel Dikerahkan dalam Operasi Patuh Jaya 2024

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 14 Juli 2024 1 hari yang lalu
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Latif Usman. (Foto: Antara)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Latif Usman. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak 2.938 personel gabungan dalam Operasi Patuh Jaya 2024 yang dilaksanakan mulai Senin (15/7/2024).

"Jumlah total personel gabungan Operasi Patuh Jaya 2.938," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Latif Usman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (14/7/2024).

Latif menjelaskan sebelum laksanakan Operasi Patuh Jaya 2024 semua personel di jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melaksanakan apel pagi pukul 06.00 WIB dan apel siang pada pukul 13.30 WIB.

Sementara itu dalam unggahan di akun resmi Ditlantas Polda Metro Jaya, @tmcpoldametro 

​​​​​​​disebutkan ada 14 target Operasi Patuh Jaya tahun 2024.

Yakni melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan telepon seluler (ponsel) saat mengemudi, melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah umur (tidak memiliki SIM) dan penerbitan parkir liar.

Selanjutnya tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang standar, tidak dilengkapi dengan STNK, melanggar marka atau bahu jalan, kendaraan yang memasang rotator atau sirine tidak sesuai aturan dan menertibkan kendaraan yang menggunakan pelat nomor palsu.

Kemudian, sasaran untuk kendaraan bermotor roda dua adalah tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) serta berboncengan lebih dari satu orang.

Selain itu sasaran untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih adalah tidak menggunakan sabuk pengaman saat mengemudi dan tidak memenuhi persyaratan layak jalan.

Secara nasional, Korlantas Polri akan menggelar Operasi Patuh 2024 pada 15-19 Juli 2024.

Operasi ini digelar serentak oleh jajaran Polda se-Indonesia dalam rangka mewujudkan masyarakat yang tertib berlalulintas.