Gunakan Masker! Sabtu Pagi Kualitas Udara Jakarta Buruk

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 20 Juli 2024 2 jam yang lalu
Ilustrasi [Foto: ANTARA]
Ilustrasi [Foto: ANTARA]

Jakarta, MI - Kualitas udara di DKI Jakarta kembali turun dan masuk kategori tidak sehat, dengan indeks kualitas udara (AQI) di angka 155, serta menempati urutan ketujuh negara, dengan kualitas terburuk di dunia.

Kualitas udara di Jakarta masuk kategori tidak sehat, dengan partikel halus PM2,5 berada di angka 61 mikrongram per meter kubik.

Situs yang sama mencatat, bahwa konsentrasi PM 2.5 di Jakarta saat ini setara 12,2 kali nilai panduan kualitas udara tahunan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pada hari dan jam yang sama, kota dengan kualitas udara terburuk di dunia ditempati Lahore (Pakistan) pada angka 188, disusul Kampala (Uganda) di angka 179, dan Kota Medan (Indonesia) 167.

Karena itu, masyarakat yang akan beraktivitas di luar ruangan agar mengenakan masker, karena kualitas udara yang kembali memburuk.

Sementara itu, situs resmi milik Pemprov DKI yaitu udara.jakarta.go.id menunjukkan bahwa rerata kualitas udara di daerah itu pada Sabtu masuk kategori sedang.

Dari 31 titik stasiun pemantau kualitas udara (SPKU) hanya terdapat satu titik yang masuk tidak sehat yaitu di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dengan angka 101.