Udara Jakarta Masih Tak Sehat, Pakai Masker Ya!

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 31 Juli 2024 2 jam yang lalu
Ilustrasi [Foto: ANTARA]
Ilustrasi [Foto: ANTARA]

Jakarta, MI - Kualitas udara kota Jakarta pada Rabu (31/7/2024) pagi ini masih dalam kategori tidak sehat, dan masyarakat disarankan agar mengenakan masker saat keluar rumah, demikian disampaikan laman IQAir yang diperbaharui pada pukul 05.00 WIB.
 
IQAir mencatat kualitas udara Jakarta berada pada poin 167, dengan tingkat konsentrasi polutan PM 2,5 sebesar 78 mikrogram per meter kubik atau 15,6 kali lebih tinggi nilai panduan kualitas udara tahunan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
 
Kualitas udara yang sama terjadi sejak Senin (29/7/2024) dengan poin 156, lalu Selasa dengan poin 160.
 
Adapun PM 2,5 merupakan partikel berukuran lebih lebih kecil 2,5 mikron (mikrometer) yang ditemukan di udara termasuk debu, asap dan jelaga. Paparan partikel ini dalam jangka panjang dikaitkan dengan kematian dini, terutama pada orang yang memiliki penyakit jantung atau paru-paru kronis.

Rekomendasi kesehatan mengingat kualitas udara saat ini selain mengenakan masker saat berada di luar, juga menghindari beraktivitas di luar ruangan, menutup jendela demi menghindari udara luar yang kotor dan menyalakan penyaring udara.

Lalu, bila dibandingkan dengan kota lain di Indonesia, Jakarta tercatat menduduki peringkat ketiga sebagai kota paling berpolusi di Indonesia pada Rabu ini setelah Tangerang (Banten) dengan poin 183 dan Bekasi (Jawa Barat) dengan poin 177.