Pewasat Rombongan Kirab Bendera Pusaka Merah Putih Lepas Landas Menuju IKN

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 10 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Tim pembawa Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi bergerak menuju pesawat di Bandara Halim.(Foto: Antara)
Tim pembawa Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi bergerak menuju pesawat di Bandara Halim.(Foto: Antara)

Jakarta, MI - Pesawat rombongan kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Sabtu (10/8/2024) sekitar pukul 09.53 WIB.

Tim Purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) DKI Jakarta 2023 yang terdiri dari 22 orang bersama enam personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menyambut kedatangan rombongan kirab di Bandara Halim Perdanakusuma.

Sementara itu, di area lapangan terbang, satu unit pesawat TNI Angkatan Udara jenis Boeing 737-400 siap mengangkut rombongan kirab menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.Di dasar tangga menuju pintu masuk pesawat, tampak terbentang karpet merah yang dijaga personel Paspampres dan Tim Purna Paskibraka DKI Jakarta 2023 di masing-masing sisinya.

Rombongan kirab dari Monas tiba di lapangan terbang Halim Perdanakusuma tiba sekitar pukul 09.30 WIB.  Selanjutnya, pada pukul 09.37 WIB, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono memasuki pesawat sementara pasukan penyambut kirab Bendera Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi meninggalkan lokasi penyambutan.

Pada pukul 09.45 WIB pesawat mulai bergerak menuju landasan pacu dan tepat pukul 09.53 WIB, pesawat yang membawa Bendera Pusaka Merah Putih dan naskah teks proklamasi lepas landas menuju IKN.

Sementara itu, di luar area Bandara Halim Perdanakusuma, tampak berbaris anak-anak sekolah berkostum mayoritas merah menyambut antusias kedatangan rombongan kirab. Tidak hanya anak-anak, antusiasme warga juga terlihat dari banyaknya warga dari berbagai kalangan usia bersorak menyambut rombongan kirab.