Warga Lenteng Agung Harap Pentas Seni Bisa Bangkitkan Semangat Kemerdekaan

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 19 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Warga RW 02 Lenteng Agung, Jagakarsa gelar pentas seni. (Foto: Antara)
Warga RW 02 Lenteng Agung, Jagakarsa gelar pentas seni. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Sejumlah warga RW 02 Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan berharap pentas seni mampu membangkitkan semangat kemerdekaan serta cinta tanah air saat memperingati HUT ke-79 RI.
 
"Pentas seni merupakan hiburan untuk masyarakat sekaligus menjadi momentum kemerdekaan agar benar-benar dirasakan oleh seluruh warga," ujar Ketua RW 02 Lenteng Agung, Irvan Harisandi di Jakarta, Senin (19/8/2024).
 
Irvan mengatakan pentas seni dan teatrikal kebangsaan menjadi puncak acara dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).  Adapun rangkaian kegiatan meliputi "marching band" SMA Kartika 81 hingga berjalan di Jalan Raya Lenteng Agung sepanjang 1,5 kilometer (km). "Para warga begitu antusias memakai aneka pakaian ala perjuangan era tahun 1945, dan hadir memenuhi sepanjang jalan yang dilalui pawai," paparnya.
 
Sementara, warga bernama Abdul Ali mengatakan adanya perayaan pentas ini mampu menyatukan setiap lapisan masyarakat untuk bisa sama-sama mengenang jasa para pahlawan. "Ada beragam pakaian adat yang kami pakai untuk mengingat jasa para pahlawan dari setiap provinsi yang ada di Indonesia," ucap Abdul.

Lurah Lenteng Agung Hasan Husaeni juga mengapresiasi pengurus maupun warga RW 02 dalam melaksanakan peringatan Kemerdekaan RI. "Alhamdulillah untuk RW 02 ini merupakan penggerak dari seluruh RW yang ada di Lenteng Agung," pungkasnya.
 
Agung menyebutkan kegiatan ini diikuti lebih dari 3.000 warga yang diharapkan rutin dilakukan dan menjadi percontohan bagi RW lainnya. Diharapkan para warga mampu bersaing secara sehat dalam memamerkan pakaian paling unik dan kreatif.
 
Kemudian, dapat terus menjaga tali silaturahmi antar warga, meningkatkan kerukunan, kebersamaan dan gotong royong, serta rasa saling memiliki. Pada kegiatan tersebut juga melibatkan 50 UMKM menjajakan produknya guna meningkatkan perekonomian para UMKM, khususnya di Kelurahan Lenteng Agung.

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin menyampaikan pesannya kepada warga untuk selalu kompak dan rukun dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI "Meski tidak ikut berjuang, namun wajib mengisi kemerdekaan dengan selalu kompak dan rukun, sehingga semua permasalahan bisa diselesaikan dengan baik," ujar Munjirin.