PDIP Buka Peluang Usung Anies Baswedan Cagub DKI Jakarta

Aswan LA
Aswan LA
Diperbarui 8 Mei 2024 19:15 WIB
Anies Baswedan (Foto: Dok MI/Aswan)
Anies Baswedan (Foto: Dok MI/Aswan)

Jakarta, MI - Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan diminta jika ingin mendaftar sebagai bakal calon Gubernur (Bacagub) DKI Jakarta untuk Pilkada 2024 agar langsung mendatangi kantor DPD PDIP DKI Jakarta, di Sedayu City Big Box Nomor 10 A, Cakung Barat, Cakung, Jakarta Timur.

“Kalau memang bung Anies berniat maju lewat PDIP, sekarang saatnya pendaftaran di DPD,” ujar Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak, Rabu (8/5/2024).

Gilbert menambahkan, penjaringan bacagub dan cawagub DKI Jakarta, pihak DPD PDIP DKI Jakarta kini tengah membuka kesempatan dan ini bersifat terbuka.

"Maka siapapun yang berminat diusung partai moncong putih ini boleh mendaftar kita terbuka. Sistem pendaftaran penjaringan terbuka, silakan mendaftar,” kata anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta itu.

Meski demikian, kata Gilbert, pihaknya tidak memberi jaminan Anies bakal langsung ditunjuk untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Sebab, keputusan soal sosok yang diusung PDIP akan ditentukan DPP partai besutan Megawati Soekarnoputri itu sesuai dengan rekam jejak calon tersebut.

“Ini masih tahap awal, nanti diputuskan DPP. Jadi, tergantung penilaian DPP dan melihat rekam calon tersebut,” jelasnya.

Nama Anies belakangan memang santer diberitakan bakal kembali terjun pada ajang Pilkada Jakarta 2024. Sejumlah partai pun sudah menyatakan membuka diri bagi eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Bahkan, Partai NasDem telah menggulirkan wacana untuk mengusung duet Anies Baswedan - Ahmad Sahroni di ajang kontestasi level daerah itu. Selain NasDem, PKS pun sudah menyatakan diri terbuka untuk kembali mengusung Anies seperti yang mereka lakukan di Pilgub DKI Jakarta 2017.

Meski demikian, PDIP tidak mau memberikan karpet merah untuk Anies. Sejauh ini hanya ada empat nama yang diberikan karpet merah dalam penjaringan cagub dan cawagub yang akan diusung PDIP di Pilkada Jakarta 2024.

Mereka adalah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa, dan Ketua DPD PDIP DKI Jakarta, Ady Wijaya.

Keempat nama ini pun tidak perlu mendaftar dan langsung masuk proses penjaringan yang tengah dilakukan PDIP, kata Gilbert. (Sar)