MKD Setuju Bawa Kasus Azis Syamsuddin ke Rapat Pleno Mendatang

  • Whatsapp
Geledah Ruangan Azis, Wakil Ketua MKD Dampingi Penyidik KPK
Wakil Ketua MKD DPR RI dari Fraksi Gerindra, Habiburrokhman.

Monitorindonesia.com – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI telah menyelesaikan Rapat Pimpinan (Rapim) terkait masalah yang menyeret Wakil Ketua DPR Koordinator bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam), Azis Syamsuddin. Dimana hasilnya, menyetujui akan membawa laporan terhadap Azis Syamsuddin ke Rapat Pleno pada 18 Mei 2021 mendatang.

Demikian dijelaskan Wakil Ketua MKD DPR RI, Habiburrokhman kepada wartawan di Jakarta, Kamis (6/5/2021).

Bacaan Lainnya

“Ya ini baru selesai Rapim, intinya Rapim menyetujui membawa masalah aduan terhadap Pak Azis Syamsudin ke forum Rapat Pleno yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Mei mendatang,” kata dia.

Politikus Partai Gerindra ini menjelaskan, dalam Rapat Pleno 17 Anggota MKD akan memutuskan seluruh aduan terhadap Azis Syamsuddin.

“Akan ditindaklanjuti seperti apa,” ujarnya singkat.

Diketahui, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin disebut-sebut terlibat dalam dugaan kasus korupsi pengurusan perkara Walikota Tanjungbalai. Dalam konstruksi perkara kasus tersebut, Azis diduga menjadi fasilitator pertemuan antara penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju dengan Wali Kota Tanjung Balai M Syahrial.

Robin dan Syahrial telah ditetapkan sebagai tersangka suap penanganan perkara dugaan korupsi di Pemkot Tanjungbalai. Selain mereka, KPK juga menjerat seorang pengacara Maskur Husain.

Robin diduga telah menerima suap sekitar Rp1,3 miliar dari Syahrial. Suap diberikan agar Robin bisa membantu supaya penyelidikan dugaan korupsi di Pemerintah Kota Tanjungbalai yang menjerat Syahrial tidak ditingkatkan ke tahap penyidikan oleh KPK.

Atas dugaan keterlibatan itu, Azis Syamsuddin dilaporkan ke Majelis Kehormatan Dewan (MKD). Dari laporan itu MKD memastikan bakal menindaklanjuti sesuai mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (Ery)

Pos terkait