Moskow-Kiev Panas, Rusia Kerahkan Puluhan Kapal perang ke Laut Hitam

  • Whatsapp
Moskow-Kiev Panas, Rusia Kerahkan Puluhan Kapal perang ke Laut Hitam
Ilustrasi Kapal Perang Rusia.[Foto/Reuters]

Moskow, Monitorindonesia.com – Rusia dikabarkan mengerahkan sekitar 20 kapal perang ke Laut Hitam. Informasi tersebut disampaikan kantor berita Interfax, Selasa (20/4/2021), mengutip pernyataan dari Armada Laut Hitam Rusia.

Menurut Interfax, puluhan kapal perang itu mengambil bagian dalam latihan militer yang digelar Moskow. Rusia pun untuk sementara waktu membatasi pergerakan kapal perang asing dan kapal-kapal sipil dari negara lain di dekat Krimea—wilayah yang dianeksasi Moskow dari Ukraina pada 2014.

Bacaan Lainnya

Washington pun menyatakan “keprihatinan yang mendalam” atas eskalasi konflik di kawasan tersebut. Sebelumnya, Rusia juga dilaporkan telah menempatkan lebih dari 150.000 tentara di perbatasan Ukraina dan di Krimea.
Hal itu diungkapkan diplomat utama Uni Eropa, Josep Borrell, Senin (19/4/2021).

Menteri luar negeri Ukraina juga telah memberi tahu para menlu negara-negara Uni Eropa terkait kondisi terkini di wilayah rawan konflik tersebut. “Lebih dari 150.000 tentara Rusia berkumpul di perbatasan Ukraina dan di Krimea. Risiko eskalasi lebih lanjut terbukti,” kata Borrell seperti dikutip Reuters, Senin malam.

Ketegangan antara Moskow dan Kiev telah meningkat di tengah pengumpulan pasukan Rusia di perbatasan kedua negara. Bentrokan yang terjadi antara tentara Ukraina dan kelompok separatis pro-Moskow di wilayah Donbass (bagian timur Ukraina) juga semakin menambah panas situasi.[Yohana RJ]

Sumber : Reuters

Pos terkait