Mulai Senin Pukul 15.00-19.00 WIB, KRL Tak Berhenti di Stasiun Tanah Abang

  • Whatsapp
Mulai Senin Pukul 15.00-19.00 WIB, KRL Tak Berhenti di Stasiun Tanah Abang
Foto Tangkapan Layar kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan di Pusat perbelanjaan Tanah Abang pada Sabtu (1/5/2021).[Ist]

Monitorindonesia.com – Pemprov DKI Jakarta telah berkoordinasi dengan PT. Kereta Commuter Indonesia terkait penyesuaian jadwal operasional kereta commuter line (KRL) di Stasiun Tanah Abang. Hal itu untuk memastikan pencegahan kerumunan pengguna KRL saat jam tutup Pasar Tanah Abang.

“Bahwa situasi di pasar (Tanah Abang) ini jam kedatangan orang berbeda-beda, ada yang pagi dan siang, tapi jam pulangnya bersamaan. Begitu pasar tutup, semua orang pulang bersamaan, maka dari itu mulai besok sore akan ada perubahan jadwal kereta KCI yang melintasi Stasiun Tanah Abang,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pasar Tanah Abang, Minggu (2/5/2021).

Bacaan Lainnya

Disampaikan Anies, mulai Senin (3/5/2021) sore , KRL tidak akan berhenti Stasiun Tanah Abang pada pukul 15.00-19.00 WIB.

“Sore besok pukul 15.00 WIB sampai dengan 19.00 WIB, KCI tidak akan berhenti di (Stasiun) Tanah Abang, sehingga enggak angkut penumpang dari sana. Detailnya nanti Dishub akan menyampaikan sama-sama secara lengkap,” kata Anies.

Anies mengatakan setengah dari total pengunjung Pasar Tanah Abang menggunakan angkutan umum KRL. Hal itu menyebabkan terjadinya kerumunan di sekitar stasiun Tanah Abang jelang penutupan pasar.

Pada Sabtu (1/5/2021), sekitar 45 ribu dari total 87 ribu pengunjung Tanah Abang menggunakan KRL. “Kemarin yang menggunakan kereta api sekitar 45 ribu orang. Jadi hampir separuh yang datang ke kawasan ini menggunakan kereta api,” ujarnya.

Karena itu lah, kata Anies, mulai hari ini Senin pembatasan KRL ke Stasiun Tanah Abang diberlakukan. Hal ini diperlukan untuk menghindari terjadinya penumpukan penumpang yang berisiko terhadap penularan covid-19.

Pemprov DKI Jakarta juga akan menyediakan bus Transjakarta di Jati Baru, Tanah Abang, untuk mengangkut penumpang menuju stasiun Tanah Abang dan stasiun lain di sekitarnya.

“Sehingga bagi para pengunjung yang menggunakan KRL atau bagi para pendatang, mereka yang ke pasar, yang perlu kendaraan umum akan difasilitasi,” jelasnya.

Anies mengungkap terjadi lonjakan jumlah pengunjung tanah Abang hingga 100 ribu orang pada Minggu (2/5/2021) hari ini.

Untuk mengendalikan kerumunan massa, sebanyak 2.500 personel gabungan pun disiagakan. Mereka terdiri dari unsur TNI, Polri dan Satpol PP.

Selain itu, upaya lain yang juga ditempuh adalah dengan menerapkan sistem buka tutup di Pasar Tanah Abang.[Zat]

Pos terkait